Provinsi Bengkulu Siapkan 121 Bus untuk Mudik Lebaran 2024


Salah satu PO bus terbesar di Provinsi Bengkulu PO Siliwangi Antar Nusa (SAN) yang juga menyediakan layanan transportasi Lebaran Idul Fitri 2024, di Bengkulu, Kamis. (28/3/2024) (ANTARA)

AKTUALITAS.ID – Provinsi Bengkulu telah siapkan 121 bus yang akan beroperasi selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024. Dalam keterangan resminya, Kamis (28/3), Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu, Bambang Agus Supra Budi, menyatakan, “Kami dari dinas perhubungan telah menyiapkan pelayanan angkutan Bus sebanyak 121 armada, dari 7 PO Bus AKAP.”

Armada bus tersebut akan melayani pemudik untuk rute Pulau Sumatera dan Jawa, termasuk sampai ke Provinsi Jawa Timur sebagai titik terjauh. Selain armada bus, pemerintah juga telah menyiapkan personel untuk angkutan darat sebanyak 30 orang dan angkutan laut sebanyak 15 orang.

Asisten I Setda Provinsi Bengkulu, Khairil Anwar, menyoroti pentingnya tiga aspek dalam pengamanan Idul Fitri. Pertama, memastikan masyarakat bisa beribadah dengan tenang dan khusuk. Kedua, menjaga persediaan pangan dan stabilitas harga bahan pokok. Dan yang ketiga, memastikan kesiapan infrastruktur dan moda transportasi untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan.

Khairil juga menekankan pentingnya pelayanan kesehatan bagi pemudik. “Kami juga memperhatikan pelayanan kesehatan baik di puskesmas yang dilewati pemudik maupun pos pelayanan kesehatan Idul Fitri 1445 H,” ujarnya.

Dengan persiapan yang matang dari segi transportasi, pengamanan, dan pelayanan kesehatan, diharapkan arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 2024 dapat berjalan lancar dan aman bagi seluruh pemudik. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>