Partai Golkar dan PDIP Buka Peluang Berkoalisi dalam Pilkada


Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto (Foto: Dokumentasi DPP Golkar).

AKTUALITAS.ID – Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, mengungkapkan potensi kerja sama antara Partai Golkar dan PDI Perjuangan (PDIP) dalam kontestasi Pilkada mendatang. 

Dalam pernyataannya kepada wartawan di Jakarta, Airlangga menyatakan bahwa kerja sama politik antara kedua partai tersebut bukanlah hal baru.

“Di pemilu pilkada yang lalu, koalisi kerja sama dengan Gerindra-PDIP juga berjalan. Jadi itu bukan hal yang baru,” ujar Airlangga, Selasa (2/4/2024).

Meskipun terdapat perbedaan kubu dalam pemilihan presiden 2024, Airlangga menegaskan bahwa kerja sama antara Golkar dan PDIP sudah terjalin dalam berbagai Pilkada sebelumnya. Hal ini membuatnya yakin bahwa kerja sama tersebut bisa dilanjutkan dengan lancar.

“Saat ini, kita tinggal melanjutkan saja,” tambahnya

Sementara itu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto juga mengakui pentingnya komunikasi lintas partai dalam menyikapi dinamika Pilkada. 

Ia menekankan bahwa meskipun terdapat perbedaan dinamika antara Pemilu Presiden dan Pilkada, namun komunikasi politik tetap diperlukan untuk memastikan terpilihnya pemimpin yang terbaik.

“Karena beda ruang lingkupnya antara pilpres dengan pilkada, komunikasi politik memang dilakukan untuk menghasilkan calon-calon pemimpin yang terbaik,” ungkap Hasto pada Senin (1/4/2024).

Dengan demikian, terbuka potensi bagi Partai Golkar dan PDIP untuk berkoalisi dalam mengusung calon kepala daerah. Salah satu contohnya adalah kemungkinan kerja sama dalam mengusung Khofifah Indar Parawansa sebagai calon dalam Pilkada Jawa Timur 2024.

“Dinamika politik di tingkat nasional berbeda dengan di tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Oleh karena itu, kerja sama dengan Gerindra, Golkar, PPP, Perindo, Hanura sangat dimungkinkan,” tutup Hasto. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>