Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan KBM Marunda


Petugas Suku Dinas Gulkarmat berupaya memadamkan api yang membakar kapal BBM di Pelabuhan Marunda Cilincing, Jakarta Utara, pada Selasa (2/4/2024) pagi. (Damkar DKI Jakarta)

AKTUALITAS.ID – Sebuah kebakaran melanda kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) MT Kusuma II di Pelabuhan KBM Marunda, Kelurahan Marunda, Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa (2/4/2024).

Kejadian ini memicu respons cepat dari tim pemadam kebakaran yang berhasil mengendalikan api tanpa menimbulkan korban jiwa.

Abdul Wahid, Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, menyatakan bahwa mereka mengerahkan sembilan unit mobil pemadam serta 45 personel untuk memadamkan api yang melanda kapal tersebut. 

“Petugas berhasil memadamkan api tersebut dengan seluruh unit dan personel yang ada,” ujarnya, di Jakarta, Selasa.

Dugaan sementara menyebutkan bahwa kebakaran terjadi akibat arus pendek listrik (korsleting) saat kapal sedang melakukan pengisian bahan bakar minyak. Luas area yang terbakar mencapai 63×20 meter persegi dengan perkiraan kerugian sekitar Rp500 juta.

Menurut Abdul Wahid, tim Gulkarmat menerima informasi kebakaran sekitar pukul 09.43 WIB dan langsung tiba di lokasi sekitar pukul 10.09 WIB. 

“Operasi pemadaman selesai dilakukan pukul 11.44 WIB,” tambahnya.

Keberhasilan dalam menangani kejadian ini tanpa adanya korban jiwa merupakan hasil koordinasi dan respons yang cepat dari pihak berwenang. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>