Diduga Tertidur, Ketua MK Tegur Ketua KPU di Sidang PHPU Pilpres 2024


Ketua KPU, Hasyim Asyari saat ditegur oleh Ketua MK Suhartoyo diduga tertidur saat sidang PHPU Pilpres 2024 di gedung MK, Jakarta, Selasa (2/4/2024). (Foto: AFP)

AKTUALITAS.ID – Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Suhartoyo, menunjukkan sikap proaktifnya dalam memimpin sidang lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) terkait Pilpres 2024. Saat memimpin sidang di gedung MK, Jakarta, Selasa (2/4), beliau menegur Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asyari, yang diduga tertidur saat sidang berlangsung.

“Momen ini terjadi ketika Suhartoyo mempersilakan pihak termohon untuk mengutarakan pertanyaan kepada ahli yang dihadirkan pihak pemohon, Didin S Damanhuri. ‘Dari termohon ada pertanyaan? Pak Hasyim tidur ya?’ kata Suhartoyo,” ujar salah satu pengamat hukum yang hadir di sidang.

Peristiwa tersebut menunjukkan ketegasan Suhartoyo dalam menjaga jalannya sidang PHPU dengan memastikan semua pihak terlibat tetap fokus dan aktif dalam proses persidangan yang berlangsung. Beliau juga memberikan dorongan kepada pihak terkait untuk mengoptimalkan waktu sidang dengan menghindari kelambatan dalam penyampaian argumen.

“Saya pelan-pelan menghormati ahli, nanti kalau terlalu ini,” timpal Hasyim.Suhartoyo meminta Hasyim tidak terlalu santai karena waktu persidangan terus berjalan.

“Jangan terlalu santai. Waktu,” timpal Suhartoyo lagi.

Hal ini menunjukkan komitmen MK dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga penegak hukum yang objektif dan transparan dalam menangani sengketa Pilpres 2024. 

Dengan proses persidangan yang tertib dan efisien, diharapkan keputusan yang dihasilkan MK dapat menghasilkan keadilan bagi semua pihak yang terlibat.

Diberitakan sebelumnya, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud telah menggugat hasil Pilpres 2024 ke MK lantaran tidak terima dengan keputusan KPU memenangkan Prabowo-Gibran. Sidang sengketa pilpres ini masih berjalan dan diproses oleh Mahkamah Konstitusi. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>