165 Warga Binaan Lapas Kelas IIA Bojonegoro Terima Remisi Khusus Idul Fitri


Pemberian remisi khusus di Lapas Bojonegoro. (ANTARA).

AKTUALITAS.ID – Sebanyak 165 warga binaan Lapas Kelas IIA Bojonegoro menerima remisi khusus Idul Fitri 1445 hijriah sesuai dengan usulan dan persyaratan yang telah dipenuhi.

Menurut Kalapas Bojonegoro, Sugeng Indrawan, dalam keterangan tertulis yang diterima hari ini, ia menyampaikan ucapan selamat merayakan Idul Fitri kepada seluruh warga binaan dan pegawai Lapas Kelas IIA Bojonegoro. Ia juga mengapresiasi dedikasi para pegawai yang bekerja tanpa mengenal libur.

“Dari 449 warga binaan di Lapas Kelas IIA Bojonegoro, hari ini sebanyak 165 orang menerima remisi khusus Idul Fitri 1445 H sesuai dengan usulan yang telah diajukan,” kata Sugeng.

Besaran remisi khusus yang diterima setiap narapidana berbeda-beda, dengan kisaran 15 hari hingga 2 bulan. Sugeng menjelaskan bahwa Remisi Khusus I (RK-I) diberikan kepada 164 orang, sedangkan Remisi Khusus II (RK-II) diberikan kepada 1 orang.

Meskipun mendapat remisi, narapidana yang bersangkutan tidak langsung dibebaskan, melainkan harus menjalani subsider atau pidana kurungan pengganti denda.

Namun, tidak semua warga binaan mendapatkan remisi. Sebanyak 284 orang tidak mendapat Remisi Idul Fitri 1445 H karena berbagai alasan seperti masih berstatus tahanan, non-Muslim, menjalani subsider atau pidana kurungan pengganti denda, dan melakukan pelanggaran tata tertib.

Sugeng menegaskan bahwa semua narapidana yang mendapat remisi telah memenuhi syarat, termasuk berkelakuan baik selama menjalani masa pidana, tidak menjalani hukuman disiplin dalam enam bulan terakhir, serta telah mengikuti program pembinaan dengan predikat baik.

Kegiatan penyerahan remisi khusus dilakukan sebelum shalat Idul Fitri berjamaah di masjid Baiturrohim Lapas Kelas IIA Bojonegoro. Acara tersebut dihadiri oleh imam dan khotib solat Idul Fitri, Khoirudin Al Jumadi, M.Pd, dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bojonegoro.

Setelah penyerahan remisi secara simbolis kepada perwakilan narapidana, acara ditutup dengan sesi bersalam-salaman halal bihalal antara warga binaan dan petugas Lapas Kelas IIA Bojonegoro. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>