Protes Pro-Palestina Meningkat di Kampus AS, 300 Demonstran Diamankan Polisi


Arsip - Seorang pria mengibarkan bendera Palestina dalam aksi unjuk rasa pro-Palestina yang digelar di luar Universitas Columbia di New York, Amerika Serikat, 23 April 2024. (Xinhua)

AKTUALITAS.ID – Wali Kota New York, Eric Adams, mengumumkan pada Rabu (1/5), bahwa Departemen Kepolisian New York (NYPD) telah menangkap sekitar 300 demonstran pro-Palestina di Universitas Columbia dan City College of New York, di tengah gelombang aksi protes di Amerika Serikat. 

Menurut Adams, penangkapan dilakukan untuk memisahkan mahasiswa dari pihak lain yang ikut dalam protes tersebut.

Adams menjelaskan bahwa aksi protes tersebut didorong oleh pihak-pihak eksternal dan bukan oleh mahasiswa, dengan tujuan menciptakan kekacauan. Pada Selasa sebelumnya, petugas NYPD diperingatkan oleh Rektor Universitas Columbia, Minouche Shafik, melalui surat kepada Wakil Komisioner Urusan Hukum NYPD, Michael Gerber, untuk menjaga ketertiban di kampus setidaknya hingga 17 Mei.

Demonstrasi pro-Palestina telah muncul di berbagai kampus AS dalam beberapa hari terakhir, mengecam operasi militer Israel di Gaza serta dukungan keuangan dan diplomatik AS terhadap operasi tersebut. 

Para mahasiswa meminta pihak universitas untuk mengutuk tindakan militer Israel, melakukan divestasi dari perusahaan yang terkait dengan Israel, menghentikan program studi di universitas-universitas Israel, dan mengajukan tuntutan-tuntutan lainnya.

Operasi militer Israel di Jalur Gaza telah menyebabkan korban jiwa lebih dari 34.000 warga Palestina dan melukai lebih dari 77.000 lainnya, menciptakan gelombang protes dan solidaritas di seluruh dunia. (YAN KUSUMA/ARI WIBOWO)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>