Kapolri Tunjuk Presiden KSPSI sebagai Stafsus Polri Bidang Ketenagakerjaan 


Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau pelaksananaan pengamanan peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Stadion Madia GBK, Jakarta, Rabu (1/5/2024). (Divisi Humas Polri)

AKTUALITAS.ID – Dalam upaya untuk memperkuat penyelesaian sengketa tenaga kerja di Indonesia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah mengangkat Andi Gani Nena, Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), sebagai Staf Khusus Polri Bidang Ketenagakerjaan. 

Keputusan ini diambil setelah diskusi bersama konfederasi serikat buruh pada peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Dalam pernyataannya di Stadion Madya Senayan, Jenderal Listyo menjelaskan, “Ada satu yang membedakan hari ini, atas kesepakatan rekan-rekan konfederasi, terkait dengan masalah perburuhan, hak-hak yang mereka perjuangkan, di dalam sepakat temen-temen sepakat menunjuk Bung Andi Gani untuk menjadi staf ahli Polri di bidang ketenagakerjaan.”

Peran Andi Gani sebagai Staf Khusus Polri Bidang Ketenagakerjaan akan fokus pada membantu Polri dalam menangani sengketa antara buruh dan pengusaha.

“Jadi saya kira begini, di lapangan kita banyak mendengar banyak sengketa ketenagakerjaan antara buruh dan pengusaha,” jelas Jenderal Listyo. 

“Ini bukan hal yang tidak bisa diselesaikan, tapi kita juga butuh ada informasi, masukan, sehingga kemudian secara komprehensif kita bisa menyelesaikan sengketa, tanpa mencampuri stakeholder lain yang punya tugas yang sama,” tambahnya.

Tindakan ini disambut positif oleh Presiden Partai Buruh dan Presiden KSPI Said Iqbal, yang menyatakan bahwa ini merupakan langkah penting dalam mendukung hak-hak pekerja di Indonesia. 

“Sebanyak 200 ribu massa melakukan aksi di berbagai daerah di Indonesia. Sementara untuk di Jakarta terdapat 50 ribu peserta aksi yang juga ikut merayakan May Day Fiesta,” ujar Said Iqbal dalam rangkaian peringatan May Day Fiesta di Stadion Madya Senayan. (YAN KUSUMA/RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>