RAGAM
Konsumsi Ikan Selama Kehamilan Bisa Turunkan Risiko Autisme pada Anak
AKTUALITAS.ID – Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menunjukkan bahwa mengonsumsi ikan selama kehamilan dapat menurunkan risiko gangguan spektrum autisme pada anak-anak hingga 20 persen. Manfaat ini tampak sangat signifikan, terutama pada anak perempuan.
Studi yang dilakukan oleh Dr. Emily Oken dan timnya mengevaluasi data diet dari sekitar 4 ribu ibu hamil dan menemukan bahwa asupan ikan berhubungan langsung dengan penurunan risiko autisme dan sifat terkait autisme, seperti yang diukur menggunakan Social Responsiveness Scale (SRS). Konsumsi ikan lebih dari dua kali seminggu menunjukkan manfaat yang lebih besar, sementara makan ikan kurang dari sekali sebulan tidak memberikan efek yang sama.
Namun, peneliti tidak menemukan hubungan signifikan antara suplemen omega-3 dan penurunan risiko autisme. Temuan ini menyoroti pentingnya konsumsi ikan dibandingkan suplemen dalam diet kehamilan.
Dr. Oken mengungkapkan, “Studi ini menambah bukti tentang manfaat kesehatan dari konsumsi ikan secara teratur selama kehamilan, termasuk risiko kelahiran prematur yang lebih rendah dan perkembangan kognitif yang lebih baik.”
Para peneliti menekankan perlunya peningkatan pesan kesehatan masyarakat terkait pedoman konsumsi ikan untuk wanita hamil, mengingat rendahnya konsumsi ikan di banyak populasi dan meningkatnya prevalensi autisme.
Dengan hasil penelitian ini, ibu hamil didorong untuk memasukkan ikan dalam diet mereka untuk mendukung kesehatan neurodevelopmental anak-anak mereka di masa depan. (KAISAR/RAFI)
-
POLITIK11/08/2026 06:00 WIBWacana Pilkada Tunggal Dinilai Cuma Celah Bagi-Bagi Jabatan Baru
-
OASE11/08/2026 05:00 WIBIni Ayat-Ayat Al-Qur’an yang Mengingatkan Bahaya Kikir
-
JABODETABEK11/08/2026 06:30 WIBSIM Keliling Operasi 08.00–14.00 WIB
-
JABODETABEK11/08/2026 08:30 WIBKAI Tangkap Pelaku Pemotongan Kabel Kereta
-
JABODETABEK11/08/2026 05:30 WIBBMKG: Jakarta Hari Ini Cerah Total
-
POLITIK11/08/2026 07:00 WIBMensesneg Pastikan Sampai Hari Ini No Reshuffle
-
JABODETABEK11/08/2026 07:30 WIB2 WNA Afrika Duel Maut di Kafe Jakpus
-
NASIONAL10/08/2026 23:00 WIBMenko Djamari: 107 Ribu Hektare Hutan Indonesia Hangus Terbakar

















