Connect with us

Dunia

Israel Usir Warga Palestina ke Gaza Utara

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pada Sabtu (12/10/2024), militer Israel menginstruksikan warga Palestina di Gaza utara untuk meninggalkan wilayah tersebut sebagai persiapan serangan militer yang akan berlangsung selama sepekan. Perintah ini disampaikan melalui Juru Bicara Militer Israel, Avichay Adraee, yang meminta warga di kawasan Sheikh Radwan dan Jabalia untuk bergerak menuju Al Mawasi, wilayah di selatan Gaza yang dianggap sebagai zona aman.

Al Mawasi sebelumnya diserang Israel pada 13 Juli, dalam upaya mereka untuk menargetkan komandan militer Hamas, Mohammed Deif, di Khan Younis. Pertempuran intensif terjadi di sekitar Jabalia, dengan wilayah itu dibombardir oleh jet tempur dan artileri Israel, memaksa warga Palestina untuk berlindung di rumah-rumah dan tempat perlindungan lainnya.

Dalam eskalasi konflik ini, militer Israel juga memerintahkan evakuasi tiga rumah sakit di Gaza utara, termasuk Rumah Sakit Indonesia. Fikri Rofiul Haq, seorang relawan dari MER-C Indonesia, melaporkan bahwa staf medis dan pasien diperintahkan untuk meninggalkan fasilitas kesehatan hanya dalam waktu 24 jam pada Selasa (8/10/2024).

Sementara itu, World Food Programme (WFP) menyatakan belum ada bantuan pangan yang masuk ke Gaza utara sejak awal Oktober, di mana sekitar 400.000 warga Palestina masih berada di wilayah tersebut. WFP memperingatkan bahwa konflik yang terus meningkat akan memperparah krisis pangan di daerah tersebut.

Hingga saat ini, agresi Israel di Jalur Gaza telah menewaskan lebih dari 42.000 orang, mayoritas di antaranya adalah anak-anak dan perempuan. Militer Israel berdalih bahwa serangan tersebut ditujukan untuk menghancurkan markas Hamas yang diduga beroperasi di fasilitas-fasilitas sipil. (Damar Ramadhan)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending