Connect with us

Nusantara

Cemari Lingkungan, Proyek PLTSa Kebanggaan Gibran Diportes Warga

Published

on

AKTUALITAS.ID – Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) Putri Cempo di Solo, Jawa Tengah, yang diresmikan oleh Gibran Rakabuming Raka saat masih menjabat Wali Kota Solo, diprotes warga sekitar karena diduga mencemari lingkungan. Warga mengeluhkan sesak napas dan gatal-gatal akibat limbah yang dihasilkan pembangkit listrik tersebut.

Protes ini disampaikan oleh warga bersama Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jawa Tengah dan BEM Universitas Sebelas Maret (UNS) pada Selasa (15/10/2024). Slamet Widodo, perwakilan warga, menjelaskan bahwa limbah padat berwarna hitam yang dihasilkan oleh PLTSa telah menyebabkan warga mengalami masalah pernapasan dan kulit.

Selain itu, limbah cair diduga dibuang langsung ke sungai yang bermuara ke Sungai Bengawan Solo, menyebabkan kerusakan pada tumbuhan di sepanjang bibir sungai dan mencemari air tanah warga.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo, Kristiana Hariyanti, mengakui adanya pencemaran lingkungan oleh PLTSa Putri Cempo dan mengatakan pihak operator PLTSa telah setuju untuk memperbaiki sistem pengolahan limbah yang ada. (Yan Kusuma)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending