Connect with us

Nusantara

Tim Gabungan Tangkap Jemmy Magai Yogi, Pimpinan KKB Paniai dan Sita 104 Amunisi

Published

on

Jemmy Magai Yogi, yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) Divisi II Pemka IV Paniai, ditangkap di Dogiay. (Dok Satgas Damai Cartenz)

AKTUALITAS.ID – Tim gabungan Satgas Operasi Damai Cartenz dan Polres Dogiyai berhasil menangkap salah satu pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Paniai, Jemmy Magai Yogi, pada Rabu (16/10/2024). Jemmy, yang menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) Divisi II Pemka IV Paniai, ditangkap bersama sembilan orang lainnya. Penangkapan ini juga berhasil menyita 104 butir amunisi berbagai kaliber.

Menurut Brigjen Pol Faizal Rahmadani, Kasatgas Operasi Damai Cartenz sekaligus Wakapolda Papua, penangkapan ini berawal dari informasi mengenai pergerakan amunisi dari Kabupaten Nabire menuju Kabupaten Paniai. Setelah dilakukan penyelidikan mendalam, diketahui bahwa Jemmy Magai Yogi terlibat dalam pergeseran amunisi tersebut dan melintasi wilayah hukum Polres Dogiyai menggunakan kendaraan double cabin. Tim gabungan pun langsung bertindak dan mengamankan Jemmy beserta barang bukti amunisi.

Jemmy Magai Yogi merupakan adik dari Damianus Magai Yogi, yang diketahui sebagai Panglima KKB West Papua Army. Penangkapan ini menjadi salah satu keberhasilan besar dalam operasi penegakan hukum terhadap KKB di Papua.

Brigjen Pol Faizal Rahmadani juga menjelaskan bahwa Jemmy terlibat dalam beberapa aksi kriminal sebelumnya, termasuk pencurian senjata api pada tahun 2015 dan keterlibatannya dalam kontak senjata dengan TNI di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, pada Mei lalu.

Penangkapan ini diharapkan dapat melemahkan kekuatan KKB di wilayah tersebut, sekaligus memutus rantai penyelundupan amunisi yang kerap menjadi ancaman keamanan di Papua. Operasi penegakan hukum ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan untuk menciptakan kedamaian dan keamanan di Bumi Cenderawasih.

Polisi saat ini masih melakukan pengembangan kasus dan akan terus melakukan operasi untuk memburu anggota KKB lainnya yang terlibat dalam berbagai aksi kekerasan dan penyelundupan amunisi di wilayah Papua. (KAISAR/RAFI)

OASE

INFOGRAFIS

WARGANET

Trending