Deretan Caleg Tenar yang Gagal Melenggang ke Senayan


Gedung KPU. /Ist

AKTUALITAS.ID – Sejumlah tokoh yang maju menjadi calon legislatif DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Barat (Jabar) dipastikan gagal melaju ke Senayan. Dari data Rapat Pleno perolehan suara pileg untuk Provinsi Jawa Barat yang disahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Kamis, 16 Mei 2019.

Caleg DPR RI yang dipastikan gagal melenggang ke Senayan di antaranya dua menteri presiden Joko Widodo, yakni Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Keduanya tidak lolos menjadi anggota dewan.

Dari catatan KPU, Hanif mendapatkan 39.336 suara, sedangkan Lukman memperoleh 30.197. Keduanya tidak cukup mengantarkan ke Senayan di Dapil Jabar VI.

Selain itu mantan Menteri Kehutanan, MS Kaban juga tidak lolos ke DPR dengan kendaraan PBB. Menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tidak lolos ke DPR dari Dapil Jabar I yang meliputi daerah Kabupaten Bandung dan Bandung Barat.

Dua politikus yang kerap muncul di layar televisi yakni Politikus PAN Faldo Maldini dan Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean juga gagal ke Senayan.

Keduanya gagal ke DPR dari Dapil Jabar V yang meliputi daerah pemilihan Kabupaten Bogor. Faldo Maldini hanya memperoleh 37.853 suara, sedangkan Ferdinand mendapat 7.186.

Di Dapil Jabar V, caleg PAN yang lolos ke Senayan yakni Primus Yustisio dengan perolehan suara 86.983. Sementara itu, dari Dapil Jabar V, Demokrat diwakilkan oleh Anton Sukartono dengan perolehan suara 55.634.

Dua tokoh terkenal asal PDI Perjuangan, Maruarar Sirait dan Anton Charliyan juga tidak lolos ke DPR dari provinsi yang dipimpin Gubernur Ridwan Kamil itu.

Ara, sapaan Maruarar maju dari Dapil Jabar III yang meliputi Cianjur dan Kota Bogor. Di situ, Ara mendapat 45.436 suara. Suara Ara kalah dari politikus PDIP sekaligus petahana DPR yakni Diah Pitaloka yang memperoleh 47.263.

Sementara itu, Anton Charliyan tidak lolos ke DPR dari Dapil Jabar XI yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya. Mantan Kapolda Jabar itu gagal ke DPR karena memperoleh 43.264 suara. Suara Anton kalah dari caleg PDI P lain yakni Dony Maryadi Oekon dengan perolehan suara 55.178. (Kiki)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>