Pemkot Jakbar Mulai Data Penerima Bantuan Sosial


AKTUALITAS.ID – Wali Kota Jakarta Barat, Rustam Effendi mengatakan,  sebanyak 341 petugas pendata dan pendamping sosial (Pendamsos) Jakarta Barat mulai melakukan pendataan di wilayahnya.

Pendataan tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan pemutakhiran Basis Data Terpadu (BDT) 2019 di wilayah Jakarta Barat.

“Salah satu visi misi Wali Kota Jakarta Barat adalah melaksanakan pelayanan publik dengan baik. Pemutakhiran BDT ini salah satu cara meningkatkan pelayanan msyarakat. Pemutakhiran BDT tahun 2019 dilakukan agar tercipta pelayanan yang maksimal dan penyaluran bantuan tepat sasaran,” ungkap Rustam dalam keterangan pers yang diterima, Sabtu (20/7/2019).

Menurutnya, BDT merupakan sumber data dalam penanganan fakir miskin. Dalam pelaksanaan pemutakhiran BDT, tentunya diharapkan dapat terbentuk sebuah data tunggal yang dapat menjadi acuan dalam penyaluran bantuan.

“Semakin akurat data, semakin tepat sasaran bantuan yang diberikan,” terangnya.

“Saya sangat mengapresiasi pemutakhiran data BDT yang dilalukan Dinas Sosial dengan menggunakan aplikasi android SIKS-NG, sehingga nantinya dapat memperoleh data tunggal yang akurat, reliabel dan akuntabel. Ini menjadi dasar bagi kita semua dalam menentukan penerima bantuan,” tambah Rustam.

Rustam menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kecamatan, kelurahan, RT/RW setempat untuk memudahkan petugas memverifikasi data.

“Kami juga koordinasi dengan kecamatan, kelurahan, RT/RW, serta tokoh masyarakat dalam pelaksanaan BDT. Agar saat petugas berada di lapangan, dipermudah,” jelas Rustam.

Sebagai informasi, pemutakhiran BDT di wilayah Jakarta Barat akan dilakukan pada 19 Juli – 13 Agustus 2019. Sedikitnya sebanyak 75.142 data rumah tangga penerima bantuan akan diverifikasi dan divalidasi.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>