DPR: Persoalan Papua Harus Diselesaikan Dengan Pendekatan Kultural


Aliansi Masyarakat Indonesia Timur menggelar aksi damai di depan Istana Negara, Senin (2/9/2019). Dalam aksi tersebut mereka menolak referendumPapua. AKTUALITAS.ID / Kiki Budi Hartawan.

Anggota Fraksi Partai NasDem DPR RI Sulaeman L. Hamzah menyebutkan segala persoalan di Papua harus diselesaikan dengan pendekatan kultural.

“Agar rakyat Papua bisa kembali mencintai Indonesia, mau tidak mau kedepankan pelayanan kepada mereka. Ini tidak bisa ditawar lagi,” kata Sulaeman saat Dialog Selasa, Papua Bicara Papua: Dari Papua untuk NKRI di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Selasa malam.

Hingga saat ini, menurut dia, pelayanan terhadap masyarakat Papua masih belum maksimal, seperti pendidikan dan kesehatan.

Di sektor pendidikan, masih banyak sekolah di Papua yang belum mendapatkan pemerataan akses.

Sementara itu, di sektor kesehatan, negara juga dinilai belum secara optimal turun ke daerah untuk mengidentifikasi fakta-fakta di lapangan.

“Oleh karena itu, sampai dengan hari ini mereka mengklaim bahwa tidak pernah merasakan pembangunan di sana,” ujarnya.

Sulaeman memandang perlu perencanaan jangka panjang yang matang dalam pembangunan dan pelayanan di Papua. Hal itu harus sungguh-sungguh untuk menyelesaikan segala permasalahan.

“Jadi, bagaimana menyelesaikan masalah dengan jangka panjang? Bagaimana menjadikan orang Papua ini sebagai orang Indonesia yang sempurna?” kata Sulaeman.

Ia menegaskan bahwa masyarakat Papua juga membutuhkan pendampingan dan pelayanan.B

“Sekolah dibangun di mana-mana, puskesmas di mana-mana, tetapi tidak ada orang yang melayani. Sepanjang otsus Papua, berapa kali menteri hadir di Papua? Tidak ada kesungguhan dari pusat melayani masyarakat di sana. Kedepankan pelayanan di Papua,” ucapnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>