Kepala BIN Layak Dijabat Sipil


AKTUALITAS.ID – Presiden Jokowi sudah mengumumkan komposisi menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024. Kini, muncul usulan agar Kepala Badan Intelijen (BIN) dijabat sipil.

Usulan ini disuarakan Ketua DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Rusdi Ali Hanafia. Menurutnya, sipil juga punya kapabilitas untuk menjadi Kepala BIN.

Ali menyebut sipil yang layak dengan memiliki patriotisme dan nasionalisme tinggi. Bahkan, kalangan sipil juga punya patriotisme melebihi TNI-Polri. Ia menekankan tak ada salahnya jika sipil diberikan kesempatan. Apalagi, problem persoalan di bidang intelijen negara dalam belakangan ini menjadi sorotan.

“Cocok kalau BIN dipimpin sipil melihat segala problematika yang terjadi di bidang intelijen negara ini,” kata Rusdi Ali, dalam keterangannya, Jumat 25 Oktober 2019.

Dia mengingatkan BIN pernah dipimpin sipil yaitu Soebandrio (1959-1965). Begitupun ada Assad Ali yang sempat menjadi Wakil Kepala BIN.

Terkait itu, ia pun menyebut Suhendra Hadikuntono sebagai figur yang layak menjadi calon Kepala BIN dari sipil. Kata dia, Suhendra suah teruji memiliki patriotisme tinggi.

Suhendra dinilai punya puluhan tahun di bidang intelijen. Kemudian, punya kedekatan dengan Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP).

Rusdi berharap figur Kepala BIN dari sipil bisa melengkapi format kabinet Indonesia Maju. “Pak Jokowi butuh eksekutor berpengalaman yang siap kerja cepat, akurat dan bisa bekerja dalam senyap. Suhendra cocok,” ujarnya.

Menyangkut komposisi susunan Kabinet Indonesia Maju, ia menilai sejauh ini sudah tepat. Ia berharap kabinet baru Jokowi bisa bekerja maksimal untuk lima tahun ke depan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>