Partai Demokrat Tak Masuk Kabinet Jokowi, Andi Arief Singgung ‘Dendam’ Turunan


AKTUALITAS.ID – Partai Demokrat (PD) tak masuk Kabinet Indonesia Maju meski sang ketum, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo di Istana. Wasekjen PD Andi Arief menyinggung Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Andi Arief berbicara soal dendam Megawati ke Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yang turun ke sang putra sulung, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). Ia menganggap gagalnya Demokrat masuk kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin karena dijegal oleh Megawati.

“Awalnya saya menduga bahwa dendam Ibu Megawati itu hanya pada Pak SBY, ternyata turun juga ke anaknya, Agus Yudhoyono,” ungkap Andi Arief kepada wartawan, Sabtu (26/10).

Nama AHY memang disebut-sebut yang ditawarkan Demokrat untuk masuk kabinet Jokowi. Andi Arief juga menyinggung soal harapannya agar Jokowi mampu meredam ‘dendam’ Megawati ke SBY.

“Tadinya saya melihat Pak Jokowi mampu meredakan ketegangan dan dendam ini, rupanya belum mampu,” tuturnya.’

Menurut Andi Arief, dendam Megawati kepada anak-cucu SBY merupakan dendam pada takdir.

“Tentu saja Agus Yudhoyono tidak pernah merencanakan hidupnya sebagai anak SBY, itu takdir sejarah. Karena itu, dendam Ibu Megawati hingga ke anak-cucu SBY adalah dendam pada takdir,” sebut Andi Arief.

Seperti diketahui, tak ada perwakilan Demokrat di jajaran menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju. Padahal hubungan Demokrat dan Jokowi sudah menghangat seusai Pilpres 2019.

SBY sendiri sudah sempat bertemu dengan Jokowi, sesaat sebelum pengumuman kabinetnya. Andi Arief sebelumnya menyebut Jokowi sendiri ataupun pembantunya di Kabinet Kerja mengajak mereka merapat ke Istana, meski sebelumnya Demokrat menjadi rival saat pilpres.

“Pak Jokowi sangat ulet–langsung atau via pembantunya di kabinet–mengajak Partai Demokrat bergabung di pemerintahan setelah Pilpres 2019,” ungkap Andi Arief, Rabu (23/10).

Sementara Gerindra mendapat 2 kursi menteri setelah memutuskan tak lagi menjadi oposisi, Demokrat tak mendapat jatah apa-apa. Padahal Demokrat sudah berkali-kali mengatakan siap membantu pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hubungan Megawati dengan SBY diketahui memang sudah lama dingin. Meski begitu, AHY dan adiknya, Edhie Baskoro (Ibas) Yudhoyono, diterima dengan hangat oleh Megawati saat mereka bersilaturahmi beberapa waktu lalu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>