Serbu Konsulat Iran di Irak, Tiga Demonstran Tewas


asukan keamanan Irak menutup Jembatan Al-Sanak yang mengarah ke Zona Hijau saat berlangsungnya aksi protes di Baghdad, Irak, Senin, 4 November 2019. (Foto AP / Hadi Mizban)

AKTUALITAS.ID – Sedikitnya tiga orang tewas dalam serangan di Konsulat Iran di kota suci umat Shia di Karbala. Hal itu dibenarkan oleh aparat setempat.

Dikutip dari laman Al Jazeera, para demonstran dalam protes skala besar disebutkan saksi merusak dan menghancurkan pembatas. Sambil mengibarkan bendera Irak mereka meneriakkan,” Karbala bebas, Iran keluar, keluar!”

Demonstrasi besar itu terjadi karena Iran dianggap mengintervensi politik Irak khususnya soal Karbala.

Massa yang berusaha merusak tembok konsulat dan berupaya merangsek masuk lalu ditahan oleh aparat keamanan. Massa juga melempari benda-benda ke arah gedung.

Pasukan menembakkan peluru hampa ke udara untuk membubarkan massa yang disebutkan melempari mereka dengan batu dan tali yang sengaja dibakar lebih dahulu. Insiden massal itu terjadi di Karbala, kota di bagian selatan Ibu Kota Baghdad.

Saat massa makin gahar, tembakan dilepaskan begitu juga gas air mata menyusul digunakan untuk menghalau massa.

“Polisi tak menembak ke udara namun memang ingin membunuh kami dan bukan hanya mau mencerai-beraikan massa,” kata salah seorang demonstran muda.

Pada Senin, 4 November 2019 diketahui bahwa jumlah korban tewas ada tiga orang yang berasal dari massa demonstran. Sementara itu ada 19 orang yang mengalami luka-luka.

Polisi setempat juga menyatakan bahwa setidaknya tujuh orang anggota mereka mengalami cedera saat mengamankan demonstrasi besar itu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>