Artis dan Pejabat Pemilik Mobil Mewah Banyak Menunggak Pajak


Ilustrasi mobil mewah, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Kepala Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Jakarta, Faisal Syafruddin, mengatakan masih ada 1.500 pemilik mobil mewah yang menunggak pajak kendaraan mereka tahun ini. Dari jumlah itu, tidak sedikit yang memang lalai dan menghindari untuk membayar pajak.

“Memang masih ada 1.500 unit,” katanya di Polda Metro Jaya, Selasa (12/11).

Alasannya, lanjut dia, ada yang memang karena pemiliknya terlalu sibuk dengan pekerjaannya. Tapi, tak bisa dipungkiri ada alasan karena mereka menghindari bayar pajak. Jumlah ini sangat banyak ditemui. Karena itu, Badan Pajak dan Retribusi Daerah dan Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sepakat kategori kendaraan mewah adalah yang berharga di atas Rp1 miliar. Dengan harga mobil sebesar itu, maka pajak yang harus dibayar rata-rata Rp100 juta.

“Tergantung, mobilnya apa. Kalau dia mobilnya Ferrari, Lamborghini, bisa Rp100 jutaan. Memang kita menyisir mobil-mobil eksklusif, rata-rata pajak mobil itu 100 jutaan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemilik mobil mewah yang menunggak pajak itu beragam. Ada dari kalangan artis hingga pejabat. Namun, dia tak merinci siapa saja mereka. Ia hanya minta bagi mereka pemilik mobil mewah lain yang masih menunggak pajak bisa segera membayarnya.

Jika tidak, pihaknya akan mendatangi rumah mereka langsung atau door to door guna menagihnya. Jika tetap ngeyel tak mau bayar akan ditindak tegas dengan penyitaan aset. Dalam hal ini kendaraan yang dimaksud. Kegiatan ini dilakukan tak lain agar target penerimaan pajak tahun ini yang masih kurang Rp2,1 triliun terpenuhi. Diketahui penerimaan pajak tahun ini ditarget Rp8,8 triliun.

“Macam-macam (penunggak pajak kendaraan mewah). Ada artis, tapi kemarin kebetulan dia sudah bayar. Artis sudah bayar, pejabat juga sudah bayar. Jadi memang sekarang kita sedang lakukan door to door ke yang memiliki kendaraan mewah tapi belum bayar (pajak),” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>