Fadjroel: Jokowi Tidak Pernah Dukung Airlangga di Munas Golkar


Juru Bicara Presiden Jokowi, Fadjroel Rachman, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Pihak Istana memastikan, Presiden Joko Widodo, tidak pernah ikut campur dalam urusan suksesi Partai Golkar. Diketahui, kalau munas partai tertua di Indonesia itu akan digelar pada Desember 2019. Dua nama akan bersaing ketat, incumbent yang saat ini masih menjabat ketua umum, Airlangga Hartarto dan Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Di perayaan Ulang Tahun ke-55 Golkar, Presiden Jokowi sempat memuji Airlangga. Tapi itu tidak bisa langsung dimaknai kalau orang nomor satu di republik ini mendukung Airlangga.

Istana bahkan membantah dengan tegas. Juru Bicara Presiden, Fadjroel Rahman, memastikan kalau Presiden Jokowi tidak akan ikut campur dalam persoalan di Partai Golkar. Apalagi meminta Airlangga bisa dipilih secara aklamasi.

“Presiden di Hari Pahlawan 10 November 2019 di TMP Kalibata menyatakan tidak akan mencampuri urusan internal partai politik,” ujar Fadjroel, saat dihubungi, Selasa (12/11).

Memang ada pernyataan Jokowi bahwa kinerja Airlangga cukup bagus. Mulai sebagai Menteri Perindustrian setelah hasil reshuffle kabinet. Dan masuk di Kabinet Indonesia Maju, dan dipercaya menjadi Menko Perekonomian.

Meski ada pujian itu, Fadjroel memastikan bahwa bukan dalam kapasitas Airlangga sebagai Ketum Golkar. Melainkan, kinerja profesionalnya dalam membantu Presiden di kabinet. “Pujian atas kinerja profesional dan kinerja politik dalam koalisi pemerintahan,” katanya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>