Bakamla Tangkap Kapal Muat 1.050 Ball Rokok Ilegal


AKTUALITAS.ID – Satuan Tugas Khusus (Satgassus) Trisula Bakamla RI dengan didukung Kapal patroli Bakamla KN Bintang Laut-401 mengamankan sebuah Kapal Layar Motor (KLM) berbendera Indonesia yang memuat rokok bermerk U2 sebanyak 1.050 ball/dos di perairan Kepulauan Riau.

Pada saat ditangkap KLM diketahui bernama KM Karya Sampurna, tertangkap tangan melakukan STS (Ship to Ship) dengan 3 kapal HSC (High Speed Craft). Namun saat akan diperiksa 3 kapal HSC melarikan diri dengan kecepatan penuh.

KM Karya Sampurna berbobot 82 GT, saat dilakukan pemeriksaan kapal tidak dilengkapi dokumen muatan (manifest dan dokumen ekspor/import) dan bongkar muat barang tidak sesuai dengan dokumen pelayaran HSC.

Dari keterangan Nakhoda, KM. Karya Sampurna, Abdullah Amin Taraga, dari muatan 1050 ball/dos, telah dibongkar sebanyak 700 ball dan sisa rokok merk U2 di kapal kurang lebih 300 ball/dos. Sebelum diperiksa dan ditangkap, kapal berlayar dari Batam dan lego jangkar di posisi 0132,300″ U – 10451249″ T.

Selanjutnya, Komandan KN. Bintang Laut-401 Mayor Bakamla Margono mengamankan kapal KM Karya Sampurna menuju pelabuhan terdekat di Tanjung Balai Karimun untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>