Pameran 30×30, Solusi 30% Dari Dunia Seni Untuk Bumi yang Lebih Baik


Foto: Rengga Satria

AKTUALITAS.ID – Pameran bertajuk 30X30 digagas oleh Loca Institute bersama sejumlah seniman lintas disiplin. Pameran yang akan dihelat pada tanggal 29 November 2019 hingga 5 Desember 2019 di Marto Art Centre Pd. Labu, Jakarta Selatan itu adalah respon dari kondisi bumi yang kian hari kian memprihatinkan.

“Tidak sedikit peneliti dan pemerhati lingkungan yang sudah memprediksi kalau bumi akan mengalami petaka luar biasa di tahun 2030. Kami ingin mengajak masyarakat untuk menyadari hal itu,” Ungkap kurator pameran. Frigidanto Agung

Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) menyebutkan, sejumlah wilayah akan mengalami bencana ekstrim seperti pemanasan global di atas 1,5°C yang menyebabkan kekeringan parah, mencairnya daratan es di kutub utara, dan banjir akibat curah hujan ekstrim. Hal itu akan berdampak pada kehidupan jutaan umat manusia di seluruh dunia.

Di Indonesia sendiri, petaka serupa juga diprediksi akan terjadi. Pada tahun 2030 kawasan Ancol diperkirakan hanya tinggal kenangan karena terendam air laut. Sementara kawasan Tanah Abang akan terendam air laut hingga ketinggian mencapai 50cm.

Ads Aktualitas

“Kita hanya punya waktu hingga 2030 untuk merubah pola konsumsi dan meningkatkan kesadaran untuk melestarikan alam. Untuk itu pameran ini digagas,” lanjut Agung.

Pameran ini sendiri rencananya akan melibatkan kurang lebih 50 seniman dari beragam latar belakang dan disiplin, seperti lukis, instalasi, fotografi, hingga desain grafis.

Selain pameran, dalam acara 30X30 ini juga akan menghadirkan diskusi tematik terkait lingkungan dan bedah buku foto “Disrupsi” yang bercerita tentang kehidupan masyarakat adat Mentawai.

Ads Aktualitas