Evakuasi WNI di Wuhan, Ma’ruf Amin sebut Tunggu Izin dari Pihak Berwenang


Cawapres nomor urut 01 Ma'ruf Amin saat Debat Pertama Capres & Cawapres 2019, di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (17/1/2019). Debat tersebut mengangkat tema Hukum, HAM, Korupsi, dan Terorisme. AKTUALITAS.ID/Kiki Budi Hartawan.

AKTUALITAS.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengungkapkan pemerintah sudah aktif melakukan antisipasi dengan titik pos siaga seperti bandara dan rumah sakit antisipasi virus Corona.

“Kita sudah menyiapkan antisipasi penanganannya, kalau misalnya ada yang datang kita sudah ada berbagai peralatan pendeteksi di airport dan juga rumah sakit,” kata Wapres Ma’ruf di Istana Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (29/1/2020).

Selain itu, lanjut Ma’ruf, pemerintah Indonesia juga telah menyiapkan langkah evakuasi terhadap warga negara Indonesia di Wuhan. Tetapi sampai saat ini, menurut Ma’ruf, pemerintah China masih mengisolir kota tersebut.

“Sudah menyiapkan evakuasi itu tetapi Wuhan ini menjadi daerah terisolir tak boleh masuk dan keluar, jadi semua masih menunggu sikap Tiongkok, Konsulat Amerika di sana juga belum bisa keluar, Tim Evakuasi dari Jepang juga sudah ngirim tapi belum bisa masuk juga,” jelas Ma’ruf.

Meski demikian, Ma’ruf menegaskan pemerintah Indonesia tidak akan lepas tangan. Seluruh warga Indonesia yang berada di Wuhan tetap diperhatikan kondisinya. Seperti dengan pengiriman logistik dan pemantauan secara intensif.

“Kita terus perhatikan anak-anak kita di Wuhan, rata-rata mereka pelajar, kita terus bantu logistiknya,” tutur Ma’ruf.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>