Kemenkes Klarifikasi Penularan Virus Corona Bukan dari Tatapan Mata


Ilustrasi virus corona, Foto/Ist

AKTUALITAS.ID – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia memberikan klarifikasi terkait penularan wabah virus corona yang saat ini masih menjadi perhatian dunia.

Kepala Subdirektorat Penyakit Infeksi Emerging Kemenkes Endang Budi Hastuti mengatakan, penularan virus corona ini tidak melalui tatapan mata antara kedua orang.

“Jadi bukan seperti itu juga menularkan lewat tatapan mata. Tapi memang kalau kucek-kucek mata, kemudian tangannya kotor terkontaminasi bisa menular ke orang lain. Jadi bukan tatapannya,” ujar Endang, di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat, (31/1/2020).

Tak hanya itu, penularan virus corona salah satunya melalui orang yang terjangkit sakit bersin atau batuk. “Ini penyakitnya di saluran pernapasan, maka penularannya bisa melalui percikan pada saat batuk atau pada saat bersin,” katanya.

Ia menambahkan, orangtua lebih rentan terjangkit virus corona tersebut, apalagi mereka yang mengidap sakit, salah satunya asma maupun diabetes. “Yang lebih parah itu pada orangtua, dilihat dari beberapa literatur yang dapat kita akses, pada umumnya menyerang pada usia tua,” ujarnya.

Kemudian, kata dia, virus corona ini gampang menyerang orang yang kondisi tubuhnya rendah, atau kekebalan tubuhnya menurun maka itu gampang sekali terkena.

Untuk itu, ia mengimbau masyarakat meningkatkan sistem imunitas tubuh, dengan menerapkan gaya hidup sehat. Lewat mengonsumsi makanan sehat, menghindari daging yang tidak matang dan daging dari hewan liar. Selain itu, mencuci tangan dengan sabun dan minum air secukupnya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>