Indonesia Jual Mobil Terbanyak, Produksinya Kalah dari Thailand


Ilustrasi mobil mewah, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Indonesia menjadi pasar otomotif terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tahun 2019 lalu, menurut catatan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil di Indonesia mencapai 1.030.126 unit.

Angka itu sekaligus mengalahkan negara lain di ASEAN. Thailand menjadi negara dengan penjualan mobil terbanyak kedua di ASEAN. Tahun lalu, Thailand menjual 1.007.552 unit mobil, termasuk kendaraan komersial.

Penjualan mobil di Indonesia boleh lebih unggul daripada Thailand. Namun, Indonesia menang sebagai pasar, bukan sebagai pembuat mobil.

Angka produksi mobil di Indonesia pada 2019 jauh lebih sedikit daripada Thailand. Negeri Gajah Putih itu bisa memproduksi mobil sebanyak dua kali lipat dari penjualan domestik. Sisanya diekspor ke berbagai negara.

Mengutip data ASEAN Automotive Federation, tahun lalu, Thailand telah memproduksi mobil sebanyak 2.013.710 unit. Padahal, penjualan mobil domestik negara itu cuma 1 juta unit.

Sementara Indonesia, produksi mobil tahun lalu hanya 1.286.848 unit. Masih tertinggal cukup jauh dibanding Thailand.

Indonesia menempati posisi kedua negara dengan produksi mobil terbanyak di ASEAN di bawah Thailand. Di posisi tiga, diisi oleh Malaysia dengan angka produksi 571.632 unit. Vietnam di posisi keempat dengan angka 176.203 unit. Disusul Filipina dengan produksi 95.094 unit dan Myanmar dengan angka produksi 15.496 unit pada 2019.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>