Menkes Terawan Sebut Biaya Pengobatan Pasien Corona Ditanggung Pemerintah


menkes

AKTUALITAS.ID – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan bahwa biaya perawatan medis bagi pesien corona virus ditanggung sepenuhnya dari anggaran di Kementerian Kesehatan.

“Anggarannya tadi bapak presiden sudah ngomong untuk hal yang seperti ini semua akan ditanggung oleh pemerintah,” katanya di RSPI Sulianti Saroso, Sunter, Jakarta Utara, Senin, (2/3/2020).

Dia mengatakan Kementerian Kesehatan memiliki anggaran untuk kondisi khusus seperti pasien yang terinfeksi corona virus. Jadi, dia meminta masyarakat untuk tidak khawatir.

Meski begitu, Terawan tidak menyebutkan berapa angka nominal anggaran yang dialokasikan bagi pasien corona virus.

“Yang jelas ada anggaran untuk kondisi seperti ini ada dan anggarannya berasal dari daftar isian penggunaan anggaran,” lanjutnya.

Dalam kesempatan ini, Terawan juga menjamin tidak semua orang yang pernah bersentuhan dengan pasien positif virus corona dapat langsung tertular. Hal ini terbukti dari WNI yang berada di kapal World Dream yang dinyatakan negatif dari virus corona.

“Harus inget ya, tidak semua orang kontak itu menjadi sakit atau positif corona. Itu yang harus disadari, itu terbukti dari pasien World Dream,” kata Terawan di tempat yang sama.

Terawan menyampaikan akan melakukan penelusuran terkait siapa saja yang sudah melakukan perbincangan atau bersentuhan langsung dengan pasien positif virus corona. Kini, dua warga Depok, Jawa Barat itu tengah mendapat perawatan intensif di RSPI Sulianti Saroso.

“Mulai dari siapa yang dia kontak, tempat tinggal di mana, rumah sakitnya mana, kita tracking semua. Kita cek waspadai,” ujar Terawan.

Kendati demikian, mantan Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto ini meminta masyarakat untuk tenang. Karena tidak semua orang yang memang berhubungan langsung dengan pasien terdampak virus corona bisa dengan mudahnya terjangkit.

“Bukan yang Diamond Princess ya, dia diturunkan di Hongkong. Tapi apa kenyataannya, 188 orang itu negatif semua, padahal ada kontak di situ. Artinya, tidak semua kontak akan jadi positif, tergantung kondisi badan kita,” kata Terawan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>