Wabah Corona, Dirlantas Polda Metro Perintahkan Setop Razia


Ilustasi, (Foto: Istimewa)

AKTUALITAS.ID – Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo memerintahkan jajarannya menghentikan sementara kegiatan razia di tengah wabah COVID-19. Hal ini untuk menghindari kontak fisik anggota dengan masyarakat untuk mengurangi risiko tertularnya virus Corona.

“Dari sisi operasional, saya sudah perintahkan jajaran saya untuk mengurangi tindakan dengan tilang. Kecuali pelanggaran yang kasatmata yang memang membahayakan lalu lintas itu tetap harus. Seperti melawan arus, pelanggaran jalur busway, tidak menggunakan helm, dan lainnya tetap kita tindak,” jelas Kombes Sambodo Purnomo Yogo dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis (19/3/2020).

“Tapi pelanggaran lainnya, seperti razia itu sudah saya suruh berhentikan,” sambung Sambodo.

Sambodo mengatakan, selain untuk menghindari risiko anggota tertular COVID-19, razia disetop untuk sementara agar tidak terjadi penumpukan pada saat sidang tilang.

“Juga mencegah penumpukan di sidang pengadilan karena biasanya ada kerumunan,” kata Sambodo.

Di sisi lain, polisi juga mengedepankan empati kepada masyarakat di tengah wabah Corona ini. Dalam kondisi ini, polisi tetap memperhatikan sisi-sisi kemanusiaan.

“Karena masyarakat kehidupannya sedang sulit, sehingga sangat tidak berempati kalau polisi ikut nambah-nambahin dengan melaksanakan razia,” katanya.

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan memaksimalkan tilang elektronik (electronic-traffic law enforcement/e/TLE) untuk menindak pengendara yang melakukan pelanggaran. Sementara masyarakat diimbau untuk mematuhi peraturan lalu lintas meski polisi ‘meniadakan sementara’ tilang.

“Bagi masyarakat, kami imbau untuk tetap tertib berlalu lintas, patuhi rambu-rambu lalu lintas, mari kita tingkatkan budaya tertib berlalu lintas,” tutur Sambodo.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>