Bentrok di Perbatasan Irak, 3 Tentara Iran Tewas


Parade militer diadakan untuk menandai Hari Tentara Nasional di depan Mausoleum Ayatollah Khomeini di Tehran, Iran pada 18 April 2018. ( Fatemeh Bahrami - Anadolu Agency )

Tiga tentara penjaga perbatasan Iran dilaporkan tewas dalam bentrokan dengan kelompok pemberontak bersenjata di Kota Sardasht, Provinsi Azerbaijan Barat yang berbatasan dengan Irak pada Jumat (29/5).

Bentrokan tersebut dilaporkan juga menewaskan beberapa orang dari kelompok pemberontak.

“Penjaga perbatasan menghadapi pemberontak bersenjata dan terjadi bentrok ketika sedang melakukan patroli. Beberapa pemberontak dan tiga penjaga tewas,” tulis pernyataan resmi seperti dilansir kantor berita ISNA.

Pernyataan tersebut tidak menyebut nama kelompok pemberontak yang terlibat dalam bentrokan dengan tentara penjaga di perbatasan.

Iran selama 40 tahun terakhir memerangi militan Kurdi yang menggunakan pangkalan di Kurdistan, Irak untuk melancarkan serangan lintas perbatasan yang menargetkan pemerintah Iran.

Bentrokan yang terjadi di perbatasan dua negara sebelumnya juga sempat terjadi antara pasukan penjaga India dan China di kawasan pegunungan Himalaya pada Minggu (10/5) lalu. Bentrokan tersebut mengakibatkan korban luka.

Tentara India dan China terlibat baku hantam dan saling melempar batu di perbatasan yang terletak di sektor Naku La dekat perlintasan Nathu La, di ketinggian 4.572 meter dari permukaan laut.

Wilayah itu berada di negara bagian Sikkim yang berbatasan dengan Bhutan, Nepal, dan China.

“Perilaku agresif kedua belah pihak telah mengakibatkan pasukan cedera ringan. Pelemparan batu dan (adu) argumen berujung perkelahian,” kata juru bicara Komando Angkatan Darat India, Mandeep Hooda, kepada AFP.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>