Polisi Tangkap Komplotan Pengganjal Mesin ATM Pakai Tusuk Gigi


AKTUALITAS.ID – Anggota Polres Metro Jakarta Barat menangkap tiga pelaku aksi ganjal kartu ATM. Ketiganya berinisial AS, MD dan JL.

Korban komplotan ini salah satunya DS. Peristiwa itu terjadi 28 April 2020 lalu.

Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru mengatakan, korban saat itu mau transaksi sekitar pukul 10.30 WIB. Saat itu, kartu milik korban tak bisa masuk ke mesin ATM. Karena, sebelumnya para pelaku sudah mengganjal lubang ATM dengan tusuk gigi.

“Mereka ada tiga orang, salah satu tugasnya menganjal lobang ATM dengan tusuk gigi tersangka AS, dua temannya pelaku berdiri sebagai seorang mengantre ATM membuat korban gerogi mereka dibelakang buat aksi supaya orang ini panik,” kata Audie, Jakarta, Rabu (15/7/2002).

Kedua pelaku yakni MD dan JL mengintip pin ATM milik korban yang saat itu sedang dimasukan. Setelah menghapal pin tersebut, korban pun didesak atau dibuat tidak nyaman oleh para pelaku.

“Kenapa? Kenapa? Atm enggak bisa masuk. Menawarkan bantuan, saat membantu menukar ATM terus sudah dia intip pinya. ATM korban didorong dimasuk transkasi lagi tentu enggak berhasil. Mereka kemudian kabur di TKP mendatangi ATM lain. Menggunkaan kartu ATM yang dicuri tadi dan berhasil menarik sejumlah uang korban, total Rp 22 juta,” jelasnya.

Dalam penangkapan tersebut, pihaknya menyita sejumlah barang bukti seperti 20 kartu ATM dari bank negeri dan swasta, mobil merk Honda dan beberapa barang lainnya.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat Kompol Teuku Arsya Khadafi menambahkan, para pelaku tersebut melancarkan aksinya di sejumlah tempat di wilayah hukum Polda Metro Jaya yang sekiranya tidak diawasi petugas keamanan.

“Kelompok ini memanfaatkan tkp-tkp ATM yang tidak diawasi atau dijaga, jadi atm posisi di lokasi sepi. Sehingga korban pada saat mengantre semakin gelisah ingin meninggalkan tempat tersebut,” ungkap Arsya.

Dengan adanya pengungkapan kasus tersebut, Polres Metro Jakarta Barat juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat yang membantu dalam ungkap kasus ganjal ATM.

“Kami sampaikan apresiasi sat reskrim sigap cepat nangkap pelaku. Kami sampaikan terimakasih masyarakat mendukung proses pengungkapan komplotan penjahat ATM ini,” tutup Audie.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>