Megawati Sebut Ragukan Anak Muda, Demokrat: Pemimpin Bukan Soal Usia


Ketua DPP Partai Demokrat, Jansen Sitindaon, (Foto:Ist)

AKTUALITAS.ID – Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Jansen Sitindaon mengatakan, menentukan kapasitas dan kualitas pemimpin bukan dari soal usia. Namun, pemimpin dinilai dari kemampuan menjalankan tugas dengan baik dan mampu menjawab tantangan bangsa.

“Pemimpin itu bukan soal usia ya, tua, muda, apalagi milenial atau tidak. Tapi ini terkait soal mampu tidaknya dia menjalankan tugas dengan baik serta menjawab tantangan yang dihadapi bangsanya pada saat itu. Sekaligus dia punya modal dasar yang cukup tidak sesuai kebutuhan zamannya,” ujar Jansen kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

Dia menyebut, kemampuan itu meliputi bagaimana latar belakang pendidikan, integritas, pemahaman terhadap masalah bangsa dan menjawab persoalan

Jansen mengatakan, fenomena global banyak pemimpin muda yang terpilih. Seperti Justin Trudeau dari Kanada, hingga Emmanuel Macron dari Perancis terpilih di usia 40 tahun. Jauh sebelum itu, mantan Presiden Amerika John F Kennedy dan Theodore Roosevelt terpilih di usia 40an. Bahkan sang Proklamator Bung Karno menjadi presiden di usia 44 tahun.

Kendati demikian ada juga pemimpin tua masih terpilih di Pemilu. Seperti Presiden AS Donald Trump dan mantan PM Malaysia Mahathir Mohamad.

“Jadi sekali lagi, pemimpin itu tidak terkait soal usia, tapi lebih kepada soal kemampuan dia menjawab tantangan yang dihadapi bangsanya serta memberi keyakinan kepada rakyat untuk sesuatu yang baru,” kata Jansen.

Sebelumnya, Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan, Pilkada 2020 merupakan persiapan menuju Pemilu Presiden dan legislatif di 2024. Dia menyoroti regenerasi kepemimpinan di 2024 yang diprediksi bakal bermunculan calon pemimpin muda atau dari kalangan milenial.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>