8 Bulan Buron, ICW Pertanyakan KPK Kabar Harun Masiku


Harun Masiku/Istimewa

AKTUALITAS.ID – Delapan bulan sudah Harun Masiku, buronan KPK tak terdengar kabar beritanya. Tersangka kasus dugaan suap pengurusan antarwaktu (PAW) hingga kini tak ketahuan rimbanya.

Selama 8 bulan buron, kinerja KPK menjadi sorotan, Indonesia Corruption Watch (ICW) menanyakan bagaimana kelanjutan KPK mengejar sosok Harun Masiku.

“Kita menolak lupa kepada KPK mengenai keberadaan Harun Masiku. Jangan sampai dalam konteks penindakan ini, KPK tidak juga mencari keberadaan Harun Masiku,” kata peneliti ICW, Wana Alamsyah dalam diskusi daring, Selasa (29/9/2020).

Wana menyebut, lembaga antirasuah yang kini dikomandoi Firli Bahuri itu kini tidak lagi memberikan informasi terbaru soal keberadaan Harun Masiku. Wana menduga, Harun diduga kuat mengetahui banyak soal perkara suap yang juga menjerat mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.

Terlebih, Wahyu dan mantan anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina telah divonis dalam perkara tersebut. Wahyu divonis enam tahun penjara, sedangkan Agustiani Tio divonis empat tahun penjara dalam kasus suap pergantian antarwaktu (PAW) anggota DPR RI periode 2019-2024.

Oleh karena itu, ICW tak henti-hentinya menagih KPK untuk segera menangkap Harun Masiku. Sebab dalam perkara dugaan suap PAW Anggota DPR RI Fraksi PDIP, hanya Harun Masiku yang belum menjalani persidangan.

“KPK dapat mencari Harun Masiku, karena dia diduga menjadi salah satu faktor yang memiliki informasi cukup penting,” tegas Wana.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>