Usai Demo Rusuh Pendukung Trump, Menhub AS Mundur


Massa pendukung Presiden Amerika Serikat Donald Trump berkumpul di luar Capitol Hill, Washington, Amerika Serikat, Rabu (6/1/2021). Sejumlah anggota parlemen dan massa pendukung Donald Trump menyerbu Capitol Hill untuk membatalkan pemilihan presiden Amerika Serikat. (AP Photo/Shafkat Anowar)

Menteri Perhubungan Amerika Serikat, Elaine Chao, mengundurkan diri setelah insiden penyerbuan gedung Kongres AS di Washington D.C., oleh para pendukung Presiden Donald Trump.

“Saya sangat terusik dengan serangan itu dan tidak bisa mengabaikannya begitu saja,” kata Chao, seperti dilansir Reuters, Jumat (8/1).

Chao menyatakan dia akan melepas jabatannya terhitung mulai Senin (11/1) pekan depan. Dia adalah istri dari Pemimpin Mayoritas Senat AS dari Partai Republik, Mitch McConnell.

McConnell adalah salah satu senator yang sempat memperdebatkan hasil Pilpres AS 2020 dalam sidang di Kongres.

Sejumlah pejabat Gedung Putih juga dilaporkan mengundurkan diri akibat kejadian itu.

Mereka adalah Penasihat Keamanan Nasional Robert O’Brien, Wakil Penasihat Keamanan Nasional Matt Pottinger, dan Wakil Kepala Staf Gedung Putih Chris Liddell.

Insiden unjuk rasa pendukung Trump yang berujung kerusuhan dan penyerbuan ke Gedung Kongres membuat rapat pengesahan hasil Pilpres AS harus ditunda (reses).

Aparat kepolisian terlibat bentrok dengan para pendukung Trump yang berkumpul dan berunjuk rasa di Washington D.C. Sebagian dari mereka berasal dari kelompok milisi dan organisasi masyarakat sayap kanan dan supremasi kulit putih seperti Proud Boys.

Para pendukung Trump menolak pengesahan hasil Pilpres 2020, yang dimenangkan oleh politikus Partai Demokrat Joe Biden, oleh Kongres. Sampai saat ini tercatat ada empat orang yang meninggal dalam bentrokan.

Setelah sidang dilanjutkan usai reses akibat kerusuhan, Kongres AS mengesahkan hasil pilpres 2020 dan menetapkan Biden dan Kamala Harris sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>