PSSI Putuskan Kompetisi Liga 1 dan 2 Musin 2020 Dibatalkan


Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 resmi dibatalkan setelah sempat tertunda beberapa kali mengacu hasil rapat Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang berlangsung secara virtual pada Rabu (20/1).

Melalui situs resminya, PSSI memutuskan untuk membatalkan musim kompetisi 2020-2021 karena kondisi kahar (force majeure) terkait dengan pandemi covid-19. Selain itu juga diputuskan bahwa tidak ada juara dan tidak ada degradasi di musim Liga 1 2020 yang baru berjalan tiga pekan tersebut.

Selain itu, peserta kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2021 adalah peserta kompetisi musim 2020. Sedangkan kontrak pemain diatur oleh klub mengacu kepada aturan keadaan kahar di dalam kontrak masing-masing klub.

“Berdasarkan masukan dan kemudian Exco PSSI membahasnya, akhirnya diputuskan soal kejelasan Liga 1 dan 2 itu. Exco PSSI memutuskan kompetisi Liga 1 dan 2 musim 2020 dibatalkan,” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule.

Sebelumnya, PSSI mendapatkan masukan dari hasil owners meeting klub-klub Liga 1 dan Liga 2 dengan operator kompetisi PT. Liga Indonesia Baru (LIB), Jumat (15/1). Dari situ diketahui bahwa mayoritas klub menginginkan untuk menghentikan musim Liga 1 2020 dan memulai musim baru 2021.

“PT LIB sudah mempresentasikan alasan kenapa liga tidak diizinkan, termasuk surat permohonan izin dan berbagai upaya yang sudah dilakukan termasuk melakukan kunjungan kepada petinggi atau pejabat terkait,” ucap Direkur Utama LIB, Akhmad Hadian Lukita.

Sementara itu, Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menambahkan klub-klub Liga 1 dan 2 juga menyarankan agar PT LIB sudah mengantongi izin dulu dari Mabes Polri, sehingga klub akan lebih mudah untuk mempersiapkan musim kompetisi 2021.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>