Cegah Banjir, Pemprov DKI Siapkan 470 Unit Pompa di 178 Titik Jakarta


Underpass Kemayoran Banjir

AKTUALITAS.ID – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan 470 unit pompa stasioner yang tersebar di 178 lokasi. Persiapan pompa sebagai antisipasi memasuki puncak musim hujan yang diprediksi terjadi pada Februari.

Mengutip dari akun resmi channel Youtube Pemprov DKI Jakarta, masing-masing pompa memiliki kapasitas daya sedot air antara 50-500 liter per detik.

Jumlah unit pompa yang tersebar di lima kota administrasi Jakarta juga berbeda. Misalnya, di Jakarta Barat pompa tersebar di 46 lokasi dengan jumlah pompa sebanyak 132 unit.

Di Jakarta Selatan 86 unit pompa tersebar di 40 lokasi, Jakarta Utara 48 lokasi dengan 126 unit, Jakarta Pusat 23 lokasi 87 unit, dan Jakarta Timur 21 lokasi 39 unit.

Dijelaskan dalam video tersebut, kondisi pompa sangat baik dan mampi dioperasikan pada mus hujan selama 24 jam non-stop. Sementara jika musim kemarau, pompa-pompa tersebut tidak dioperasikan.

Namun, untuk mencegah terjadinya kerusakan pompa dioperasikam satu minggi sekali.

“Pompa dioperasikan pada level air tertentu sementara pada saat musim hujan dan level air rata-rata tinggi pompa dapat dioperasikan selama 24 jam secara bergantian,” demikian penjelasan dalam video yang diunggah Pemprov, dan dikutip pada Minggu (31/1).

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>