BMKG Prediksi Sejumlah Wilayah Jakarta Diguyur Hujan Ringan hingga Petir


AKTUALITAS.ID – Badan Meteorologi, Klimatologi dan, Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sejumlah daerah di DKI Jakarta bakal diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga hujan petir pada Selasa (23/2) hari ini.

Berdasarkan situs resmi BMKG, hujan diperkirakan terjadi di seluruh wilayah Jakarta pada siang nanti. Dengan rincian, hujan ringan terjadi di wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Sementara wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diprediksi akan mengalami hujan sedang. Lalu, hujan petir diperkirakan terjadi di wilayah Kepulauan Seribu.

Kemudian pada malam hari, BMKG memprakirakan cuaca di seluruh wilayah ibu kota dalam kondisi berawan.

Masih melalui situs resminya, BMKG juga memberikan peringatan dini untuk mewaspadai potensi hujan disertai kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jakbar, Jakpus, Jaksel dan Jaktim pada siang hari.

Sebelumnya, BMKG memprediksi wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) bakal diguyur hujan dengan intensitas tinggi pada 23-24 Februari 2021.

Ketua BMKG Dwikorita Karnawati menyebut curah hujan diproyeksi meningkat secara merata di wilayah Jabodetabek pada tanggal tersebut.

“Jadi kita waspada, kesimpulannya hari ini kita masih harus waspada. Kemudian waspada berikutnya tanggal 23 dan 24,” ujar Dwi Korita pada Sabtu (20/2) lalu.

Terkait prediksi tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan jajarannya telah memonitor dan bersiaga mengantisipasi dampak cuaca ekstrem di Ibu Kota.

“Kita akan monitoring terus, kemudian siaga seperti kemarin untuk memastikan bahwa respons cepat selalu ada,” kata Anies kepada wartawan di Kembangan Utara, Jakarta Barat, Senin (22/2).

Sepanjang dua hari pada akhir pekan kemarin, sejumlah daerah di DKI Jakarta dilanda banjir. BDBD DKI mencatat sempat ada ribuan warga yang mengungsi dan data sementara mendapati 5 orang meninggal akibat bencana tersebut.

Hujan mengguyur Ibu Kota sejak Sabtu (20/2) dini hari. Puluhan RT pun terdampak luapan air.

Namun begitu Anies mengatakan banjir mulai berangsur surut pada Senin (22/2) dini hari. Ia mengklaim susutnya banjir yang menerjang sejumlah daerah di DKI Jakarta itu salah satunya karena kerja para petugas mengalirkan luapan air.

“Alhamdulillah atas izin Allah, pada hari Minggu, satu hari kemudian 99,9 persen surut, ini terjadi lewat kerja keras seluruh jajaran untuk melakukan pemompaan di tempat-tempat yang terdampak, kemudian hari Senin dini hari jam 3 pagi tadi dipastikan 100 persen sudah surut,” kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (22/2) kemarin.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>