Saat Perayaan Hari Kemerdekaan 4 Juli, Joe Biden Ingin AS Bebas Covid-19


kandidat calon presiden (capres) Partai Demokrat Joe Biden, (AFP / GETTY IMAGES / OLIVIER DOULIERY)

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyampaikan, pihaknya berharap Amerika bisa menandai hari kemerdekaan dan bebas dari Covid-19 pada 4 Juli jika semua orang divaksinasi.

Dalam pidato primetime pertamanya sebagai presiden, Biden mengatakan dia akan memerintahkan negara bagian untuk memvaksinasi semua orang dewasa pada 1 Mei. Tindakan saat ini memprioritaskan orang berdasarkan usia atau kondisi kesehatan.

Sampai saat ini setengah juta orang Amerika telah meninggal dunia akibat Covid-19. Dalam pidatonya, Presiden Biden juga mempertimbangkan tanggal penting kapan sekelompok orang dapat berkumpul kembali.

“Jika kita melakukan ini bersama-sama, pada 4 Juli, ada peluang bagus Anda, keluarga dan teman Anda bisa berkumpul di halaman belakang rumah atau di lingkungan Anda dan mengadakan acara masak-memasak atau bakar-bakaran dan merayakan Hari Kemerdekaan,” jelas Biden, seperti dilansir BBC, Jumat (11/3).

Dia menambahkan, negara tidak hanya akan merayakan Hari Kemerdekaan tetapi juga kemerdekaan dari virus corona.

Sebagai bagian dari rencana perluasan vaksinasi, fasilitas vaksinasi akan ditambah di mana dokter hewan dan dokter gigi diizinkan untuk memvaksinasi masyarakat.

Unit khusus juga dipersiapkan jemput bola ke masyarakat, melakukan vaksinasi langsung di wilayah yang kurang terlayani.

Biden menetapkan target 100 juta vaksinasi pada hari ke-100 masa jabatannya, tetapi dalam pidatonya, dia mengatakan target ini akan tercapai pada hari ke-60.

Namun demikian dia memperingatkan “pertarungan masih jauh dari selesai”.

“Ini bukan waktunya untuk menyerah,” ujarnya.

Biden mengimbau masyarakat untuk menjaga jarak sosial, mencuci tangan dan memakai masker.

“Mengalahkan virus dan kembali normal bergantung pada persatuan nasional,” kata Biden.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>