Usai Puluhan Roket Ditembakkan ke Wilayahnya, Israel Gempur Gaza


Ilustrasi, Foto: AP Photo /Tsafrir Abayov

Pesawat-pesawat tempur Israel menggempur wilayah Jalur Gaza setelah puluhan roket ditembakkan ke wilayah Israel. Gempuran udara ini dilancarkan saat bentrokan pecah antara warga Palestina dan polisi Israel di Yerusalem Timur.

Seperti dilansir AFP, Sabtu (24/4/2021), militer Israel menyebut ada 36 roket yang ditembakkan ke wilayahnya pada Jumat (23/4) malam — jumlah terbanyak dalam semalam sepanjang tahun ini. Serangan roket terjadi setelah Hamas yang menguasai Gaza menyuarakan dukungan untuk warga Palestina yang terlibat bentrok.

Diketahui bahwa ketegangan meninggi di Yerusalem Timur setelah diterapkan larangan berkumpul dan muncul serangkaian video yang diposting online yang menunjukkan para pemuda Arab menyerang warga Yahudi ultra-Ortodoks dan para ekstremis Yahudi mengganggu warga keturunan Arab di jalanan.

Sedikitnya 125 orang luka-luka dalam bentrokan antara warga Palestina dan polisi Israel pada Kamis (22/4) waktu setempat. Bentrokan terjadi dalam unjuk rasa warga Palestina yang marah dengan teriakan ‘Matilah orang Arab’ yang dilontarkan ekstremis Yahudi.

Sayap militer Hamas, Ezzedine al-Qassam Brigades, menyuarakan dukungan untuk demonstran Palestina di Yerusalem Timur. “Percikan yang Anda nyalakan hari ini akan menjadi sumbu bagi ledakan yang akan datang di hadapan musuh,” demikian pernyataan Ezzedine al-Qassam Brigades.

Aliansi kelompok militan Palestina, termasuk Hamas dan sekutunya yang lebih kecil, Islamic Jihad, merilis peringatan yang menyatakan mereka ‘tidak bisa tinggal diam’ melihat kekerasan.

Menurut militer Israel, sejumlah militan di Gaza menembakkan salvo pertama yang terdiri atas tiga roket ke wilayah Israel sebelum tengah malam pada Jumat (23/4) waktu setempat.

Dalam pernyataan lanjutan, militer Israel menyebut secara keseluruhan ada 36 roket yang dicegat atau jatuh ke area terbuka.

Tank-tank milik Israel menggempur Gaza untuk merespons serangan roket itu. Namun, sebut militer Israel, belasan roket lainnya ditembakkan dari Gaza ke wilayah Israel, yang akhirnya mendorong Israel melancarkan serangan udara terhadap lokasi-lokasi peluncuran roket yang dioperasikan Hamas.

“Jet-jet tempur dan helikopter serbu menggempur sejumlah target militer Hamas di Jalur Gaza,” demikian pernyataan militer Israel.

Disebutkan bahwa infrastruktur bawah tanah dan peluncur roket di Gaza juga menjadi target serangan udara Israel.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>