Hamas Sebut Jumlah Korban Tewas di Gaza Hampir 15.000 Orang


Warga Palestina mengungsi setelah Israel menggempur Masjid Sousi di Kota Gaza, 9 Oktober 2023. (AFP)

AKTUALITAS.ID – Hamas di Gaza, Palestina, menyampaikan jumlah korban tewas terbaru selama perang dengan Israel sejak 7 Oktober sudah mendekati angka 15.000 orang.

Seperti dilansir AFP Jumat (24/11/2023), Hamas menyebut jumlah korban tewas di wilayah Palestina telah mencapai 14.854 sejak perang dimulai pada 7 Oktober. Hamas menjelaskan, 6.150 anak-anak dan 4.000 wanita termasuk di antara korban tewas. Sementara 36.000 orang lainnya terluka.

Sebelumnya Kementerian Kesehatan di Gaza mengatakan pihaknya tidak dapat lagi memberikan jumlah pasti korban karena pertempuran sengit yang menghambat pemulihan jenazah.

Sementara itu, gencatan senjata selama empat hari dalam perang Israel-Hamas mulai berlaku Jumat pagi. Gencatan senjata dimulai pada pukul 7 pagi waktu setempat (0500 GMT) dan berlangsung setidaknya empat hari. Selama periode ini Hamas berjanji membebaskan 50 orang dari sekitar 240 warga Israel yang disanderanya bersama pejuang lainnya pada 7 Oktober.

Hamas mengatakan Israel akan membebaskan 150 tahanan Palestina sebagai imbalannya. Kedua belah pihak akan membebaskan perempuan dan anak-anak terlebih dahulu. 

Israel mengatakan gencatan senjata akan diperpanjang satu hari ekstra untuk setiap tambahan 10 sandera yang dibebaskan. (RAFI)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>