Cegah Penyakit Menular dari Hewan ke Manusia, WHO Bentuk Tim Ahli


WHO dan tiga lembaga internasional membentuk sebuah tim ahli untuk membantu mengembangkan rencana global untuk mencegah penyebaran penyakit menular dari hewan ke manusia. Demikian disampaikan WHO pada Kamis.

One Health High-Level Expert Panel merupakan inisiatif yang diusulkan Prancis dan Jerman tahun lalu, dan menggelar pertemuan perdana pekan ini. Panel ini akan memberikan saran kepada WHO, Organisasi Pertanian PBB (FAO), Organisasi Dunia Kesehatan Hewan (WOAH), dan Program Lingkungan PBB (UNEP) dalam mengembangkan kerangka peninjauan risiko dan pengamatan dan menetapkan tindakan untuk mencegah dan kesiapan menghadapi wabah zoonosis atau penyakit yang ditularkan hewan.

Dikutip dari Al Arabiya, Jumat (21/5), panel ini juga akan menetapkan potensi risiko penularan dalam produksi dan distribusi makanan, urbanisasi dan pembangunan infrastruktur, perjalanan dan perdagangan internasional yang menyebabkan punahnya keanekaragaman hayati dan perubahan iklim.

WHO dalam pernyataannya menyampaikan, panel ini akan menerbitkan rekomendasi pertamanya tahun ini.

Pandemi Covid-19 global secara meluas diyakini berasal dari jaringan perdagangan hewan liar di China dan Asia Tenggara. Kecocokan genetik terdekat dari virus corona yang dikenal sebagai SARS-CoV-2 ditemukan pada kelelawar. Virus inilah penyebab Covid-19.

Sebuah penyelidikan bersama asal usul Covid-19 yang dilakukan WHO dan China mengesampingkan kemungkinan SARS-CoV-2 bocor dari laboratorium yang diketahui meneliti virus corona kelelawar, mengatakan rute penularan yang paling mungkin adalah spesies perantara yang belum teridentifikasi.

China, di mana wabah Covid-19 bermula pada akhir 2019, telah melarang perdagangan dan konsumsi semua jenis hewan liar dan juga membentuk “batasan keamanan” ekologis untuk menjauhkan manusia dari habitat hewan.

WHO mengatakan tiga perempat dari semua penyakit menular yang muncul berasal dari hewan.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>