Usai Nakes Indonesia Terpapar Meski Sudah Divaksin, Singapura Ragukan Vaksin Sinovac


VAKSIN, COVID-19, CORONA, BUMN
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada lansia di Istora Senayan, Jakarta (15/3/2021). Kementerian BUMN menggelar Sentra Vaksinasi Bersama BUMN bagi lansia untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per bulan yang berlangsung pada 8 Maret hingga 10 Mei 2021.AKTUALITAS.ID/KIKI BUDI HARTAWAN.

Pertengahan bulan ini warga Singapura mulai menerima vaksin Covid-19 yang dibuat oleh perusahaan China Sinovac di sejumlah klinik. Namun beberapa pejabat kesehatan Singapura meragukan efektivitas vaksin Sinovac itu.

Singapura membolehkan 24 klinik swasta memberikan vaksin Sinovac setelah Badan Kesehatan Dunia (WHO) bulan ini mengizinkan vaksin tersebut digunakan untuk keperluan darurat. Namun meski permintaan vaksin Sinovac cukup tinggi, pemerintah Singapura membatalkan pembelian stok vaksin Sinovac dalam program vaksinasi mereka.

Salah satu alasan mengapa banyak warga Singapura menginginkan vaksin Sinovac adalah karena vaksin itu buatan China dan mereka berencana beriwisata ke Negeri Tirai Bambu. Media pemerintah China belakangan menyebarkan informasi soal keamanan vaksin buatan Amerika dan Beijing menuturkan warga asing yang sudah divaksin dengan vaksin buatan China akan lebih mudah masuk ke negara itu.

Kenneth Mak, direktur Layanan Medis Singapura, mengatakan kepada wartawan pekan lalu, dia khawatir mendengar kabar dari negara lain yang warganya jatuh sakit karena Covid-19 meski sudah divaksin dengan vaksin Sinovac. Dia menyebut kasus di Indonesia yang banyak dokter dan perawat terpapar Covid-19 padahal sudah divaksin dengan Sinovac.

“Ini memberi gambaran bahwa efektivitas masing-masing vaksin berbeda cukup signifikan,” ujar Mak, seperti dilansir laman the New York Times, pekan lalu.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>