Jemaaah An Nadzir di Gowa Lebih Awal Gelar Salat Iduladha


Jamaah An-Nadzir gelar shalat Ied lebih awal, Sumber Foto Dok/Ist

AKTUALITAS.ID – Jemaah An Nadzir, Gowa, Sulawesi Selatan telah melaksanakan salat Iduladha 1442 H di Masjid Baitul Muqqaddis An Nadzir, Senin (19/7/2021). Pelaksanaan Salat Iduladha jemaah An Nadzir lebih awal dibandingkan keputusan pemerintah.

Pimpinan Jemaah An Nadzir, Ustaz M Samiruddin Pademmui mengatakan dirinya bersama jemaah lainnya bersyukur bisa melaksanakan salat Iduladha meski di tengah pandemi Covid-19. Ia menjelaskan An Nadzir lebih dahulu melaksanakan salat Iduladha setelah melakukan perhitungan bulan Dzulhijjah.

“Pada tanggal 10 Juli kemarin, sudah terjadi pergantian bulan alias sudah masuk 1 Dzulhijjah 1442 H. Setelah itu kami berhitung dari tanggal 11 hingga hari ini itu jatuh 10 Dzulhijjah, sehingga kita melaksanakan salat Id,” ujarnya kepada wartawan.

Ia mengatakan pelaksanaan salat Iduladha dilakukan sesuai dengan imbauan pemerintah terkait dengan protokol kesehatan. Ia menegaskan sebelum adanya istilah keputusan pemerintah seperti Lockdown, PSBB, dan PPKM, Samiruddin mengaku jemaah An Nadzir sudah melakukannya.

“Kami sampaikan bahwasannya dia An Nadzir ini sebelum kebijakan-kebijakan tentang lockdown, PSBB, dan PPKM itu kita sudah 10 tahun lebih dulu (melakukan) di sini,” tuturnya.

Ia mencontohkan jemaah An Nadzir jarang beraktivitas di luar perkampungan. Meskipun ada itu hanya satu atau dua orang saja.

“Di sini itu rata-rata aktivitas adalah pertanian. Ibu-ibu tinggal di rumah saja, hanya 1-2 orang saja yang beraktivitas di luar,” kata dia.

Terkait isi khutbah salat Idualdha, Samiruddin mengatakan tentang ketokohan Nabi Ibrahim, Siti Hajjar, dan Ismail selalu diingat saat momen Iduladha atau kurban.

“Dari 3 tokoh inilah hingga sekarang selalu dilakukan oleh umat Islam di Mekkah menunaikan ibadah haji. Banyak sekali kisah didalamnya yang harus kita kenang dan kita petik hikmahnya,” kata dia.

Untuk tahun ini, jemaah An Nadzir memotong tiga ekor sapi. Nantinya, daging kurban akan dibagikan kepada seluruh jemaah An Nadzir.


“Alhamdulillah hari ini Allah telah membagi rezeki dari sahabat-sahabat kita pada hari ini akan kurban 3 ekor sapi. Insyaallah akan dibagikan prioritas kepada jemaah, kalau nanti ada lebihnya akan dibagikan juga masyarakat yang berada sekitar pondok ini,” ucapnya. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>