BPBD Sumsel: 20 Hektare Lahan Tidur di Ogan Ilir Terbakar


Ilustrasi (Istimewa).

AKTUALITAS.ID – Lahan tidur seluas 20 hektare di wilayah Ogan Ilir, Sumatera Selatan, terbakar sejak kemarin. Hingga Kamis (29/7/2021) pagi, api belum berhasil dipadamkan.

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini terjadi Desa sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir, Rabu (28/7) mulai pukul 15.00 WIB. Titik api berada di koordinat -3°29’15.0″S 104°36’02.0″E.

Kabid Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumsel Ansori mengungkapkan, karhutla berada di lahan tidur dengan vegetasi semak belukar. Pemilik lahan belum diketahui dan masih diselidiki.

“Luasan lahan yang terbakar kemarin sekitar 20 hektare, api sampai sekarang masih belum padam karena sampai semalam baru sekitar 7 hektare yang dipadamkan,” ungkap Ansori, Kamis (29/7/2021).

Petugas Manggala Agni, BPBD, TNI, dan Polri sejak kemarin berupaya menjinakkan api dengan cara manual, mobil tangki, dan mesin sibaura. Mereka memanfaatkan air yang cukup tersedia di kanal-kanal tak jauh dari lokasi kebakaran.

“Api belum padam total, masih menyisakan api kecil yang tidak bisa lagi dijangkau. Hari ini dilanjutkan pemadaman,” kata dia.

Sumber atau penyebab munculnya titik api belum diketahui. Api cepat membesar didukung lahan kering karena sudah cukup lama tidak diguyur hujan.

“Kami imbau semua pihak waspada karena sebentar lagi puncak kemarau. Ada api kecil saja bisa cepat meluas jika tidak segera dipadamkan,” pungkasnya. 

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>