Mural 404: Not Found Dihapus, Moeldoko Minta Kritik Disampaikan Dengan Cara Lebih Beradab


AKTUALITAS.ID – Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan, kritik merupakan hal lumrah dalam suatu pemerintahan, termasuk di antaranya menggunakan mural. Meski begitu, ia meminta kritik disampaikan dengan cara yang lebih beradab.

“Karena apa pun, Presiden adalah orang tua kita, yang perlu sekali dan sangat perlu untuk kita hormati. Jangan sembarangan berbicara, jangan sembarangan menyatakan sesuatu dalam bentuk kalimat atau dalam bentuk gambar,” kata Moeldoko Rabu, ( 18/8/2021).

Moeldoko berujar Presiden Joko Widodo sangat terbuka dan tak pernah pusing dengan kritik. Namun Jokowi juga selalu mengingatkan sebagai orang Timur, Indonesia memiliki adat. Ia mengatakan tata krama dan ukuran-ukuran budaya supaya di kedepankan.
Moeldoko juga mengatakan saat ini kritik dengan fitnah seringkali tak bisa dibedakan pemerintah. Apalagi, kata dia, banyak tokoh yang justru hanya memperkeruh situasi.

“Saya sering mengatakan setelah itu minta maaf. Ini apa bangsa ini? Berbuat sesuatu, ada tindakan, minta maaf. Ini sungguh sangat tidak baik. Mestinya bangsa yang pandai adalah bangsa yang berpikir dulu sebelum bertindak sesuatu,” kata Moeldoko.

Ia pun meminta masyarakat tak serta merta menganggap pemanggilan polisi terhadap orang yang membuat kritik sebagai tindakan represif. Menurutnya bisa saja penangkapan itu hanya sebatas untuk membina mereka. “Jadi jangan dijustifikasi represif dan seterusnya. Ini kan sekarang kita melihat hanya kulitnya, bukan dalamnya,” kata Moeldoko.

Sebelumnya, satu mural viral dengan wajah mirip Jokowi dengan bagian matanya tertutup tulisan ” 404: Not Found “. Mural di bawah jembatan di kawasan Batu Ceper menuju arah Bandara Soekarno-Hatta ini kemudian dihapus polisi.

Belakangan polisi menelusuri dan mencari pembuat mural. Moeldoko meminta masyarakat tidak asal mengkritik.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>