Akibat Diterjang Angin Kencang, 4 Rumah di Sinjai Rusak


Ilustrasi angin kencang,

AKTUALITAS.ID – Empat rumah warga rusak akibat terjangan angin kencang di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, Selasa (19/10) pukul 03.00 WITA. Rinciannya, tiga rumah rusak berat dan satu rumah rusak ringan.

“Kejadian ini berawal dari curah hujan tinggi yang turun disertai angin,” kata Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Abdul Muhari, Kamis (21/10/2021).
VDO.AI

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sinjai mencatat empat KK yang terdampak angin kencang. Mereka bermukim di Desa Bua, Kecamatan Tellu Limpoe.

Hingga kini, tidak ada laporan korban jiwa. Pascakejadian, BNPB Kabupaten Sinjai menurunkan tim ke lapangan untuk segera melakukan kaji cepat dan berkoordinasi guna penanganan darurat.

Sementara itu, bantuan berupa sembako diberikan kepada warga terdampak untuk mengurangi beban mereka. Tim gabungan juga bergotong-royong membantu warga membersihkan material yang terbawa angin kencang.

Merujuk hasil analisa InaRISK, Kabupaten Sinjai memiliki potensi risiko cuaca ekstrem dengan kategori sedang hingga tinggi. Mengantisipasi bencana hidrometeorologi akibat cuaca ekstrem tersebut, BNPB mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kesiapsiagaan.

“BNPB mengimbau masyarakat untuk melakukan mitigasi bencana serta meningkatkan kesiapsiagaan sebagai antisipasi adanya potensi bencana hidrometeorologi yang dipicu faktor cuaca terlebih dalam peralihan musim (pancaroba),” pesannya.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>