Survei Indikator: Sandiaga Uno Sebagai Cawapres 2024 Dengan Elektabilitas Tertinggi


Sandiaga Uno

AKTUALITAS.ID – Indikator Politik Indonesia mencatat nama Menparekraf dan politikus Gerindra Sandiaga Uno sebagai calon wakil presiden dengan elektabilitas tertinggi. Responden yang memilih Sandiaga mencapai angka 20,4 persen.

“Top of mind 30 nama, itu Sandi itu sebagai cawapres paling tinggi di mata publik,” ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat pemaparan survei, Minggu (5/12/2021).

Dalam survei yang digelar November 2021 itu, berada di urutan kedua sebagai calon wakil presiden adalah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Mantan Mendikbud itu memiliki elektabilitas sebesar 13 persen.

Pada posisi ketiga ada nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan elektabilitas sebagai cawapres 8,5 persen. Diikuti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 8 persen.
Kemudian muncul nama Menteri BUMN Erick Thohir dengan elektabilitas 6,4 persen, lalu Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 5,1 persen.

Menteri Sosial Tri Rismaharini memiliki elektabilitas sebagai cawapres sebesar 3,1 persen, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa sebesar 2,8 persen. Ketua DPR yang juga politikus PDIP Puan Maharani memiliki elektabilitas 2,8 persen sebagai cawapres.

Selanjutnya ada Ketum Golkar Airlangga Hartarto dengan elektabilitas 2,4 persen, Wapres Ma’ruf Amin 2,4 persen, mantan Menteri KKP Susi Pujiastuti 1,8 persen, Ketum Gerindra Prabowo Subianto 1,8 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 1,1 persen, mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo 1,1 persen, dan Ustad Abdul Somad 1,1 persen. Sisanya berada di bawah angka 1 persen.

Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021.

Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2020 orang. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>