Pada Tahun 2021, Ekonomi Vietnam Cuma Tumbuh 2,58 Persen


AKTUALITAS.ID – Pertumbuhan ekonomi Vietnam hanya 2,58 persen pada 2021. Angka ini sekaligus menjadi catatan terendah selama 30 tahun terakhir, setelah pada tahun lalu ekonomi Vietnam melaju 2,91 persen di tengah pandemi covid-19.

Negara komunis di Asia Tenggara ini terkenal dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi di antara negara-negara Asia lainnya yakni 7 persen pada 2019.

Sayangnya, pertumbuhan ekonomi Vietnam harus terkontraksi sangat dalam hingga minus 6,02 persen pada kuartal III 2021. Padahal, Vietnam mampu mencatatkan rekor positif dengan pertumbuhan sebesar 5,22 persen pada kuartal IV.

“Situasi yang rumit selama pandemi covid-19 sejak April memberikan dampak terhadap ekonomi dan pelayanan, sehingga menurunkan sektor jasa dan ekonomi secara keseluruhan,” tulis Kantor Statistik Umum (GSO) Vietnam dalam sebuah pernyataan dikutip dari AFP, Rabu (29/12/2021).

Selama 3 bulan penuh, pemerintah Vietnam melakukan lockdown total, sehingga memberikan dampak yang signifikan terhadap sektor produksi, rantai pasok, dan bisnis.

Namun demikian, Kepala GSO Nguyen Thi Huong optimis ekonomi akan kembali pulih. Dalam satu kesempatan bahkan ia mengatakan bahwa pertumbuhan ekonomi saat ini sukses besar, sekalipun dihantam pandemi dan lockdown.

Kini, negara pengekspor tersebut mencoba untuk membuka kembali kegiatan ekonomi dengan alasan waktunya untuk beralih dari kebijakan zero covid.

Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan mengklaim sebanyak 88 persen orang dewasa sudah divaksin sebanyak dua dosis.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>