DKI Berkolaborasi Bantu Korban Puting Beliung di Kepulauan Seribu


AKTUALITAS.ID – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi memberikan bantuan logistik dan uang tunai serta penanganan terhadap korban bencana alam angin puting beliung di Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Semoga para korban bencana diberikan kesabaran dan ketabahan menghadapi musibah ini,” kata Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi, melalui keterangannya di Kepulauan Seribu, Jakarta, Selasa (29/3/2022).

Junaedi mengatakan, musibah angin puting beliung di Kelurahan Pulau Kelapa itu sebelumnya pernah terjadi pada tahun 2012.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu, menyalurkan bantuan logistik, seperti bahan kebutuhan pangan, pakaian, terpal, peralatan mandi, serta uang tunai, yang digalang dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kepulauan Seribu dan Baznas Bazis Kepulauan Seribu.

Ketua PMI Kepulauan Seribu, Kusnadi Hadipratikno, mengatakan, pihaknya memberikan bantuan berupa biskuit 10 dus, terpal lima buah, alat penyemprot (sprayer) 10 unit, masker medis 10 dus, tisu antiseptik 10 dus, kain sarung 55 buah, serta selimut 54 buah.

“Kami juga memberikan uang tunai dari hasil donasi sebesar Rp 7,5 juta kepada korban melalui kelurahan setempat,” ujar Kusnadi, Selasa.

PMI Kepulauan Seribu juga menerjunkan 10 orang relawan untuk membantu warga di lapangan bersama petugas lain, membersihkan puing-puing rumah mereka yang hancur akibat puting beliung.

Sedangkan Baznas Bazis Kepulauan Seribu memberikan bantuan langsung tunai sebesar Rp 5 juta yang diserahkan kepada Ketua RW 05 Pulau Kelapa disaksikan oleh Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi.

Koordinator Wilayah Baznas Bazis Kepulauan Seribu, Ridwan Malik, menambahkan, Baznas Bazis Kepulauan Seribu juga akan memberikan bantuan kebutuhan mendesak kepada warga yang rumahnya hancur, seperti asbes dan baja ringan, agar masyarakat bisa segera membangun kembali rumah mereka.

“Saat ini masih dilakukan asesmen terkait bantuan yang benar-benar dibutuhkan warga bersama pemerintah setempat. Sesegera mungkin bantuan akan diberikan,” kata Ridwan.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun BPBD DKI Jakarta hingga Selasa (29/03/2022) pukul 07.00 WIB, tercatat angin puting beliung menyebabkan 61 rumah rusak, 2 kapal tenggelam, 4 orang luka ringan, dan 4 orang nelayan hilang dan sedang dalam proses pencarian.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD DKI Jakarta Sabdo Kurnianto mengatakan telah berkoordinasi dalam penyaluran bantuan maupun penanganan di lokasi dengan berbagai pihak.

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>