Percepat Digitalisasi UMKM Indonesia Lewat Optimasi Media Sosial


AKTUALITAS.ID – Pemerintah berupaya memanfaatkan semua platform untuk mempercepat digitalisasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Indonesia. Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan, TikTok sebagai salah satu platform digital memiliki pengaruh besar terhadap ekosistem Indonesia, khususnya dalam mempercepat proses digitalisasi.

“Tidak hanya menjadi platform hiburan, TikTok juga berpengaruh besar terhadap ekosistem UMKM Indonesia.Kami senang, perkembangan digital seperti TikTok mempermudah pertemuanantara pembeli dengan produsen,” kata Mendag Zulkifli Hasan saat menerima kunjungan Chief Executive Officer (CEO) TikTokShou Zi Chewdi kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Rabu (14/06/2023).

Menurut Menteri Perdagangan, keberadaan platform digital membuat produsen dan pembeli terhubung secara langsung, sehingga memotong peran rantai distribusi.

“Ini sangat berpengaruh.khususnya bagi pelaku bisnis UMKM,” lanjutnya.

Sementara CEO Shou mengungkapkan,kunjungannya ke Indonesia ingin bertemu dengan Menteri Perdagangan untuk mengungkapkan terima kasihnya secara langsung dukungan terhadap perkembangan TikTok, salah satunyadengan penerbitan izin TikTok Shop di Indonesia.

Saat ini sebanyak 5 juta pelaku bisnis dari masyarakat Indonesia menggunakan platform Tiktok. Dari jumlah tersebut,mayoritas adalah UMKM dan 2 juta di antaranya berjualan melalui niaga elektronik TikTok Shop.

“Kita utamakan keamanan dan keselamatan. Saya ingin bekerja dengan regulator untuk memastikan bahwa TikTok akan aman untuk pengguna indonesia. Salah satu harapannya adalahbarang Indonesia dapat dijual tak hanya di dalam negeri, tapi juga di luarnegeri melalui platform TikTok,” tuturnya.

CEO Shou berkomitmen untuk terus berkembang dan berinvestasi di Indonesia. Menurutnya,Indonesia merupakan salahsatu pasar terpenting di duniadan pasar terpenting kawasan Asia Tenggara. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>