Sambut HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kementerian PUPR Gelar Rangkaian Perlombaan Olahraga dan Seni


AKTUALITAS.ID – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023 yang bertemakan “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”. Berbagai kegiatan yang diselenggarakan antaranya Kegiatan Sosial berupa Donor Darah, perlombaan sejumlah cabang olahraga, dan seni.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, rangkaian kegiatan 17 Agustus 2023 melibatkan semua pegawai untuk membangun persaudaraan antara keluarga besar Kementerian PUPR. “Dengan semangat kekeluargaan dan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, kita mulai bersama kegiatan peringatan 17 Agustus 2023 pada pagi ini. Ini adalah momen untuk membangun persaudaraan antara keluarga besar Kementerian PUPR,” kata Menteri Basuki saat membuka kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (PORSENI) dalam rangka peringatan HUT ke-78 kemerdekaan RI, Senin (7/8/2023).

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan, selaku Ketua Umum Pelaksana Kegiatan Peringatan HUT ke – 78 Kemerdekaan RI Endra S. Atmawidjaja mengatakan, Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kementerian PUPR tahun 2023 dilaksanakan secara meriah dengan semangat kebersamaan dan melibatkan seluruh pegawai, Dharma Wanita/paguyuban, Ikatan Pensiunan Kementerian Pekerjaan Umum (IPPU), serta mitra kerja Kementerian PUPR melalui berbagai kegiatan sosial, pertandingan olahraga, serta perlombaan seni dan budaya.

“Di Bidang Sosial yaitu Kegiatan Donor Darah yang telah diselenggarakan pada tanggal 2 Agustus 2023. Bidang Olahraga diantaranya Bulutangkis, Tenis Meja, Voli, Gateball, Catur dan Basket akan diselenggarakan mulai hari ini, tanggal 7 hingga 14 Agustus 2023,” kata Endra.

Selanjutnya ditambahkan Endra, juga digelar lomba Seni dan Budaya yang dilaksanakan dari tanggal 26 Juli hingga 14 Agustus 2023 terdiri dari Festival Lagu Nusantara, Lomba Karya Tulis Ilmiah bertajuk ”Memberi Nilai Tambah Infrastruktur”, Lomba Video Pendek bertajuk “Kebermanfaatan Infrastruktur”, Lomba Senam KORPRI, dan Lomba Kekompakan Tim.

“Saya juga ucapkan terima kasih kepada Pembina Dharma Wanita Kementerian PUPR yang juga menyatakan bersedia untuk ikut tampil memainkan alat musik tradisional Angklung. Baru dua hari lalu, tim Angklung dari Kementerian PUPR ikut berpartisipasi dalam memecahkan rekor dunia untuk pergelaran angklung terbesar, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK),” kata Endra.

Selanjutnya dikatakan Endra, pada puncak rangkaian kegiatan Peringatan HUT RI ke-78, Kementerian PUPR akan mengadakan acara “Festival Merdeka” pada 15 Agustus 2023 di Taman PUPR. “Acara ini meliputi bazar kuliner, pengumuman pemenang lomba, yang akan dihibur oleh artis ibukota. Selanjutnya dilaksanakan Upacara Bendera pada tanggal 17 Agustus 2023 di Lapangan Sapta Taruna dengan menggunakan busana nasional nusantara,” ujarnya.

Endra menyatakan, selain di kantor pusat Kementerian PUPR, juga diselenggarakan kegiatan serupa di kantor-kantor Balai/UPT untuk turut menggemakan kemeriahan HUT ke-78 Kemerdekaan RI dengan menyelenggarakan kegiatan sosial, pertandingan eksibisi dan perlombaan antar balai yang serupa di Pusat yang dikoordinir oleh Koordinator Balai Provinsi.

“Diharapkan kegiatan-kegiatan ini dapat menambah kekompakan, solidaritas, dan produktivitas insan PUPR baik di Pusat maupun di Daerah. Pembukaan pertandingan eksibisi Gateball pagi hari ini menjadi momen istimewa sebagai penanda di mulainya seluruh rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Kementerian PUPR. ,” tutup Endra.

Turut hadir dalam acara tersebut para Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian PUPR, serta para Pengurus Dharma Wanita Kementerian PUPR. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>