Jaga Ekosistem Pesisir, PT Timah Gelar Aktivitas Menanam Mangrove


AKTUALITAS.ID – PT Timah Tbk terus menunjukkan komitmennya dalam memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar. Upaya tersebut dibuktikan dengan diselenggarakan acara menanam mangrove di wilayah pesisir.

Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mengurangi dampak perubahan iklim.
Selain itu, ekosistem mangrove juga salah satu penopang eksosistem wilayah pesisir.

Seperti diketahui, wilayah operasional PT Timah Tbk yang didominasi di daerah Kepulauan seperti Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan Provinsi Kepulauan Riau

Oleh karena itu, PT Timah terus menggalakkan penanaman mangrove sebagai upaya untuk mewujudkan net zero emission atau bebas emisi karbon pada tahun 2060 mendatang.

Ekosistem mangrove memiliki banyak manfaat untuk kehidupan diantaranya sebagai upaya mitigasi krisis iklim.
Bukan hanya itu, mangrove juga mampu menyerap dan menyimpan karbon dalam jumlah banyak.

Upaya pelestarian kawasan pesisir ini merupakan komitmen PT Timah dalam penerapan nilai enviroment, social and governance (ESG) dalam mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

PT Timah sendiri sudah rutin menggelar kegiatan menanam mangrove sejak tahun 2010 lalu. Dalam hal ini PT Timah berkolaborasi dengan Yayasan Ikebana di kawasan Pesisir PantaiRebo, Kabupaten Bangka.

Tahun 2022 lalu, PT Timah telah menanam sebanyak 18.100 mangrove yang tersebar di beberapa wilayah operasional. Penanaman mangrove juga terus digalakkan hingga tahun ini.

Bulan lalu PT Timah melaksanakan dua kali penaman mangrove yakni di Pantai Teluk Rubiah, Kelurahan Tanjung, Kabupaten Bangka Barat.

Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan mengatakan pihaknya berkomitmen untuk melakukan pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan.

“PT Timah berkomitmen untuk mendukung program pemerintah untuk mewujudkan net zero emission tahun 2060 mendatang,” ungkap Anggi.

“Perusahaan juga tidak hanya menanam tapi juga melibatkan masyarakat pesisir untuk bersama-sama menjaga ekosistem mangrove,” imbuhnya.

Apresiasi untuk PT Timah datang dari Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Agus Suryadi.

“Kami dari Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT Timah yang sudah melakukan kegiatan ini,” ujar Agus.

“Sehingga masyarakat menjadi memiliki tanggung jawab terhadap lingkungannya, khususnya di daerah pesisir seperti ini,” pungkasnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>