Tingkatkan Distribusi Logistik, KAI Resmi Jalin Kerja Sama dengan PSA


AKTUALITAS.ID – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PSA Indonesia sepakat untuk menjalin kerja sama ke depannya.

Hal itu ditandai dengan Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani oleh kedua pihak.

Adapun kerja sama ini meliputi ekosistem kereta api dan logistik.

MoU ini bertujuan untuk mendorong dan menyelaraskan upaya kedua mitra dalam meningkatkan konektivitas serta menciptakan jaringan transportasi multimoda yang efisien dan berkelanjutan di Indonesia.

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dan Regional CEO (Asia Tenggara) PSA International Ong Kim Pong di Jakarta Railways Center, Jakarta.

KAI dan PSA akn berkolaborasi dalam studi kelayakan bersama untuk mengembangkan rencana kerja sama.

Selain itu, kedua pihak ini juga akan mengeksplorasi potensi investasi bersama dalam infrastruktur perkeretaapian yang baru ataupun yang sudah ada di Indonesia.

Termasuk juga pengelolaan dan operasi bersama di bidang layanan logistik global, terminal kontainer berbasis kereta api, dan layanan angkutan barang terpadu Door-to-Door (D2D) multimoda.

Lewat kerja sama ini, KAI dan PSA akan saling memperoleh manfaat dari pengalaman PSA dalam mengelola proyek perkeretaapian secara global, solusi digital inovatif yang akan meningkatkan efisiensi dan konektivitas di berbagai titik rantai pasok, serta jaringan rel yang luas di Indonesia.

KAI dan PSA juga akan bekerja sama dalam pengembangan talenta melalui pelatihan lintas budaya serta program pertukaran untuk meningkatkan knowledge sharing and value creation.

Didiek Hartantyo selaku Direktur Utama KAI mengatakan pihaknya sangat antusias dengan dimulainya kolaborasi dengan PSA.

Menurut Didiek, KAI terus mengembangkan transportasi kereta api barang sebagai wujud peningkatkan efisiensi distribusi logistik nasional yang ramah lingkungan.

“Melalui kerja sama ini diharapkan dapat menghasilkan ekosistem logistik yang komprehensif, yang secara berkesinambungan menggabungkan jaringan domestik yang kami miliki dengan konektivitas global.”

“Sehingga dapat berperan mendukung program pemerintah dalam mengurangi biaya logistik nasional,” kata Didiek.

Ong Kim Pong juga menyambut hangat kerja sama dengan PT KAI ini.

“Sebagai penyedia logistik global terintegrasi, PSA berkomitmen untuk bekerja sama dengan mitra yang memiliki tujuan yang sama yaitu melayani pelanggan dengan lebih baik di kawasan dan menonjolkan penciptaan jaringan logistik yang efisien dan berkelanjutan,” ujarnya. (Red)

slug . '" class="' . $tag->slug . '">' . $tag->name . ''; } } ?>